Rakernas APPSI Bahas Penguatan Ekonomi Daerah

Rakernas APPSI Bahas Penguatan Ekonomi Daerah

Berita Utama EKO KURNIAWAN, S.Kom(Diskominfo) 22 Februari 2018 11:25:33 WIB


Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno menghadiri acara pembukaan Rakernas Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) yang dibuka oleh Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo di Bandung, Jawa Barat.

Rakernas ini dihadiri oleh seluruh Gubernur se-Indonesia. Pembukaan diawali dengan makan malam bersama. 

Rakernas sendiri akan dimulai tanggal 22 Februari 2018 sampai dengan tanggal 23 Februari 2018 dan rencananya akan dihadiri beberapa menteri dan kemungkinan juga akan dihadiri Bapak Presiden Joko Widodo. 

Penguatan ekonomi daerah akan menjadi isu utama dalam Rakernas kali ini seiring tema yang diambil "Kerja Sama Perdagangan Antar Daerah untuk Penguatan Ekonomi Nasional.” 

Dalam sambutan Mendagri Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa untuk membangun hubungan tata kelola pemerintah pusat dan daerah yang lebih efektif, efesien, kita harus taat kepada hukum dan mempercepat reformasi birokrasi  dalam rangka penguatan otonomi daerah untuk kesejahteraan rakyat.

Rakernas hari pertama membahas tentang penguatan pemerintah daerah dalam mendorong perdagangan antar daerah untuk kemajuan dan stabilitas ekonomi nasional dan menemukan format perdagangan antar daerah.