Diskusi Publik Hantam Hoax Dengan Keterbukaan Informasi di HPN 2018

Diskusi Publik Hantam Hoax Dengan Keterbukaan Informasi di HPN 2018

Berita Utama EKO KURNIAWAN, S.Kom(Diskominfo) 08 Februari 2018 17:42:57 WIB


Padang, 8 Februari 2018

Dalam memperingati Hari Pers Nasional 2018, Komisi Informasi Daerah Sumatera Barat melaksanakan kegiatan Diskusi Publik Hantam Hoax Dengan Keterbukaan Informasi di Aula Gubernur Sumatera Barat (8/02/2018). 

Setelah laporan panitia dari Ketua Komisi Informasi Sumatera Barat, Syamsurizal,  SE,Kegiatan diskusi dibuka oleh Ketua Komisi Informasi Pusat, Tulus Subardjono dengan pembicara Wakil Ketua Komisi 1 DPR RI, Meutya Vida Hafid yang diwakili Anggota DPR RI, arief Suditomo, Dirjen IKP Kemenkominfo, Rosarita Niken Widiastuti dan Ketua PWI Pusat, Margiono.

Rosarita Niken Widiastuti dalam paparannya menyebutkan dari hasil survey yang didapatkan, bentuk saluran penyebaran berita hoax terbesar yaitu dari sosial media berkisar 92,40% sehingga kita harus berhati-hati dalam menggunakan media sosial.

"Daripada menyebar berita yang tidak benar atau hoax lebih baik kita memberikan informasi yang lebih produktif lagi, dan mulai hari ini setiap kita mendapatkan informasi dari manapun, cobalah informasi tersebut dicek terlebih dahulu, karna kita harus 'saring sebelum sharing'," ujar Niken.