Wali Nagari Harus Mampu Menjadi Suri Tauladan di Nagari

Wali Nagari Harus Mampu Menjadi Suri Tauladan di Nagari

Berita Utama Drs. AKRAL, MM(Diskominfo) 13 November 2017 15:12:12 WIB


Kalimat diatas disampaikan Gubernur Sumatera Barat  yang  diwakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat Drs. H. Syafrizal. MM dalam pidatonya ketika acara Pelantikan Wali Nagari Beserta Tim PKK Nagari se Kabupaten Tanah Datar periode 2017-2023 Senin 13 November 2017 di Gedung Nasional Maharajo Dirajo  Batu Sangkar.

Selanjutnya Pak Ucok mengatakan "kepada Wali Nagari yang baru dilantik dan diambil sumpahnya oleh Bupati, berarti Saudara merupakan orang yang terpilih dan terbaik sebagai Aparatur Pemerintah Terdepan yang akan memerintah selama 6 (enam)  tahun ke depan, dan dipundak Saudara tertumpang keberhasilan Pembangunan dan Kesejahteraan masyarakat dimasa yang akan datang,  tugas itu antara lain: Menyelenggarakan Pemerintaan Desa, Melaksanakan Pembangunan Desa, Pembinaan Kemasyarakatan dan Pemberdayaan masyarakat Desa. UU no. 6/2014 tentang Desa,  bahwa untuk mewujudkan pemerataan pembangunan antar Daerah, Pemerintah lebih memfokuskan pembangunan Daerah pinggiran dan Pedesaan, hal ini sesui dengan Nawacita Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, pada cita ke 3 yaitu " Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan Desa dalam kerangka NKRI". Sehingga penguatan terhadap Nagari dewasa ini lebih diprioritaskan dari segi Keuangan dan SDM.

Selanjutnya mantan Wakil Bupati Pesisir Selatan ini juga mengingatkan kepada seluruh Wali Nagari untuk memperhatikan  peraturan perundan-undangan dalam melaksanakan tugas, jangan sampai bermasalah dengan hukum, karena sudah banyak kepala Desa yang terjerat hukum. Beliau juga mengingatkan untuk menjaga hubungan baik dengan Pemerintah Kabupaten dan Provinsi serta OPD terkait, jaga etika sebagai pemimpin dan berdisiplin, kita adalah Aparatur Pemerintah Terdepan hendaklah menjadi Suri Tauladan yang baik bagi masyarakat dan kepada Pemerintah Daerah,demikian beliau menutup pidatonya.

Sebelumnya ketua panitia pelaksana Drs. Hardiman menyampaikan bahwa pelantikan walinagari saat ini 52 orang, satu orang sakit dan satu lagi melaksanakan umroh ke tanah suci,  ke 52 Wali Nagari yang dilantik ini hasil pemilihan Wali Nagari serentak pada tanggal 13 September 2017 yang lalu. Pada saat itu juga dilantik Ketua Tim Penggerak PKK Nagari. 

Dalam sambutan Bupati yang diwakili oleh Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma  mengatakan "bahwa dengan telah dilantiknya Wali Nagari definitif ini maka mereka dapat melaksankan tugas dengan maksimal demi mensejahterakan masyarakat di Nagari. 

Acara ini dihadiri oleh Gubernur Sumbar yang diwakili oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, seluruh anggota FORKOPIMDA Kabupaten Tanah Datar, seluruh kepala OPD Kabupaten Tanah Datar, Ninik Mamak,  Bundo Kanduang dan Cadiak Pandai,  tidak lupa pula para perantau yang PULANG BASAMO untuk menyaksikan pelantikan Wali Nagari serentak ini, dan yang memberikan sambutan atas nama perantau adalah Bapak Hendra Irwan Rahim yang juga jetua DPRD Provinsi Sumatera Barat. Demikian dilaporkan. (by. Akral)