Gubernur Serahkan Bantuan Alat Tangkap Bagi Nelayan Danau Singkarak

Gubernur Serahkan Bantuan Alat Tangkap Bagi Nelayan Danau Singkarak

Berita Utama EKO KURNIAWAN, S.Kom(Diskominfo) 18 Juli 2017 23:40:20 WIB


Solok, 18 Juli 2017

Gubernur Sumatera Barat, Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, S.Psi, MSc didampingi Bupati Solok, Gusmal menyerahkan bantuan alat tangkap bagi nelayan di Dermaga Singkarak, Kabupaten Solok, Selasa siang, 18 Juli 2017.

Penyerahan bantuan ini untuk meningkatkan produktivitas nelayan di Danau Singkarak, serta untuk menjaga habitat ikan bilih dari alat tangkap diameter kecil, yang mengancam benih ikan bilih. Untuk nelayan di Kabupaten Solok diberikan bantuan jaring langli sebanyak 10 unit dan mesin tempel sebanyak enam unit. Lalu untuk nelayan Kabupaten Tanah Datar diberikan jaring langli enam unit, dan mesin tempel juga sebanyak enam unit.

Danau Singkarak yang berada di Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat menjadi habitat bagi ikan bilih (mystacoleucus padangensis) dan satu-satunya ada di dunia. 

Pemberian alat tangkap ini dilakukan setelah mengetahui adanya nelayan yang menggunakan jaring berdiameter kecil, yang mengancam pelestarian ikan bilih. Dengan diberikannya jaring berdiameter 2,5 inci, akan menggantikan jaring berdiameter 2 mm yang selama ini juga digunakan nelayan.

Pemerintah juga akan menyiapkan regulasi untuk mengatur para nelayan dalam menggunakan mata jaring, jenis alat tangkap yang digunakan, dan cara penangkapan ikannya.

Gubernur menjamin bahwa tidak akan membatasi para nelayan untuk menangkap ikan bilih di Danau Singkarak ini, tapi juga perlu dijaga keberlangsungan hidup dan perkembangan ikan bilih. 

Diakhir sambutannya, Gubernur Irwan Prayitno menghimbau kepada para nelayan dan masyarakat di Danau Singkarak, agar bersama-sama menjaga keberlangsungan hidup ikan bilih. Apalagi, ikan bilih merupakan ikan satu-satunya yang ada di dunia, dan itu hanya ada di Danau Singkarak.