Program Peningkatan Ekonomi Perempuan: Perempuan mampu menunjang ekonomi keluarga

Program Peningkatan Ekonomi Perempuan: Perempuan mampu menunjang ekonomi keluarga

Artikel () 14 Juli 2017 13:58:07 WIB


Koto Malintang, Agam – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat telah melaksanakan Program Peningkatan Ekonomi Perempuan (PPEP) sejak Tahun 2015, salah satunya adalah pengelolaan jamur tiram kelompok wanita tani Bangun Putri Nagari Koto Malintang Kabupaten Agam yang menjadi binaan Dinas Kehutanan dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sumatera Barat.

Kelompok wanita tani ini memiliki 33 orang anggota, yang dibagi ke dalam beberapa seksi. Setiap anggota memiliki tanggungjawab mulai dari pengadaan bibit, pemeliharaan jamur, hingga proses pemasaran. Jamur tiram dijual dengan harga tiga puluh ribu hingga empat puluh ribu per kilo.

Tahun 2017 ini Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sumatera Barat juga telah melatih cara pengolahan jamur tiram menjadi makanan yang memiliki nilai jual yang lebih tinggi, seperti brownis, bakso dan makanan lainnya. Tidak hanya itu mereka juga dijarkan teknik pengemasan dan pemasaran sehingga penghasilan anggota kelompok dapat lebih baik.

Ketua kelompok tani, Syafni menyampaikan bahwa pelatihan seperti ini memberi dampak positif bagi pengembangan usaha. Saat ini hasil pengelolaan jamur tiram telah digunakan untuk mengembangkan ke jenis usaha lainnya yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan kelompok.

“Kami sangat berterima kasih, berkat bimbingan dari Provinsi usaha jamur kami berkembang baik, dari keuntungan jamur itu kami mampu membeli bibit dan beternak puyuh.

Pengurus  kelompok wanita tani Bangun Putri, Citata menyampaikan bahwa penghasilan yang didapat dalam usaha bersama dalam kelompok wanita tani sangat membantu perekonomian keluarganya.

“Alhamdulillah sejak bergabung dengan kelompok ini, saya bisa membantu ekonomi keluarga”.