PELATIHAN PRA PEMBERANGKATAN I PESERTA MAGANG KE JEPANG

PELATIHAN PRA PEMBERANGKATAN I PESERTA MAGANG KE JEPANG

Tenaga Kerja () 27 Februari 2017 09:30:38 WIB


Pelatihan Pra Pemberangkatan Tahap I Program Pemagangan ke Jepang angkatan 29-03/ke 288 dilaksanakan pada hari Kamis, 23 Februari 2017 di Aula Disnakertrans Prov. Sumatera Barat, Jl. Ujung Gurun No. 7 Padang.

Ibu Sri Nurhayati (Direktorat Bina Pemagangan Kemnaker RI) dalam sambutannya menyampaikan Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM serta memenuhi kebutuhan peserta magang pada perusahaan di Jepang, hal ini terselenggara berkat MOU antara Dirjen Binalattas Depnakertrans RI dengan The Association for International Manpower Development of Medium and Smal Enterprise Japan (IMM) yang telah berlangsung sejak tahun 1994.

Kegiatan Pelatihan ini merupakan kegiatan lanjutan dari proses seleksi yang telah diikuiti oleh para peserta kurang lebih 7(tujuh) bulan, yang meliputi seleksi administrasi, kesemaptaan tubuh, tes matematika dasar, ketahanan fisik, serta tes bahasa jepang dan wawancara. Jumlah peserta pelatihan sebanyak 34 orang yang berasal dari Kabupaten dan Kota se Sumatera Barat.

Drs. Zudarmi, M.Si (Kabid Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja) juga menyampaikan bahwa semangat kaum muda sangat diperlukan dalam pembangunan, dan ke Jepang ini bukanlah tujuan yang ingin dicapai, akan tetapi semangat, pengalaman dan kemampuan peserta magang setelah kembali ke Indonesia adalah yang ingin diraih untuk ikut membangun negara Indonesia.