SMKPP Negeri Padang Panen Sorghum

SMKPP Negeri Padang Panen Sorghum

Pertanian RASMUNALDI, ST(Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan) 05 Oktober 2016 20:47:30 WIB


SMKPP Negeri Padang , Rabu 5 Oktober 2016 melaksanakan panen sorghum dilahan praktek siswa. Siswa SMK-PP Negeri Padang mencoba mengembangkan komoditi ini melalui pemantapan materi mata pelajaran Teknologi Produksi Tanaman Pangan. Varietas yang dipilih adalah Birdproof karena rasanya agak sedikit sepat dan kurang disukai burung, tetapi sangat baik untuk dijadikan tepung.

Dari sekitar ± 150 m2 lahan yang dikelola, hanya membutuhkan ± 150 gram benih sorghum, 5 kg pupuk urea dalam 2 kali pemberian, 5 kg pupuk SP-18 dan 2 kg pupuk KCL, dan hasilnya cukup lumayan. Sudah sekitar 400 malai yang di panen dengan berat permalai sekiatr 300 – 600 gram, dan masih banyak lagi malai yang akan di panen berikutnya karena tanaman ini dapat bertunas pada pangkal batang dan ujung batangnya.

Kepala UPTD SMKPP Negeri Padang Irawati ,MP mengatakan ini panen yang kedua kali selama tahun 2016. Benih sorghum untuk panen yang kedua ini berasal dari panen sebelumnya. "jadi kami sudah tidak membeli benih lagi", ucap Irawati.

Ini akan jadi peluang bisnis baru bagi generasi muda pertanian yang ingin mencoba mengusahakan tanaman ini. Selain masih belum banyak dikembangkan, adaptasinya cukup luas mulai dari dataran rendah sampai 800 m dpl, suhu 23 – 300C, kelembaban 20 – 40%, penyinaran penuh dan pH tanah 5 – 7.