Pasaman Barat Sebagai Daerah Pengembang Bibit Sapi Potong

Pasaman Barat Sebagai Daerah Pengembang Bibit Sapi Potong

Berita Utama Bagian Penerangan(Biro Humas Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Barat) 22 September 2016 19:45:31 WIB


Pasaman Barat, Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menghadiri acara Puncak Livestock Ekspo, Kontes Ternak, Bulan Bakti Peternakan dan Kesehatan Hewan, Panen Padet dan Pekan Daerah Tani 2016 di Lapangan Nagari Jambak Kabupaten Pasaman Barat (Kamis 22/09/2016).

Acara ini dihadiri oleh Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan (P2HP) Kementerian Peternakan RI Viny Nurfiani, Bupati Pasaman Barat Syahiran, Anggota DPR RI Agus Susanto, Ketua Komisi II DPRD Sumatera Barat, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat Erinaldi, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Barat Puji Atmoko, Forkopimda Kabupaten Pasaman Barat, Pimpinan Jasindo dan Pimpinan Japfa Comfeed Indonesia, SKPD terkait peternakan tingkat Prov dan Kab/Kota se Sumatera Barat, dan para pelaku usaha ternak se Sumatera Barat.

Wakil Gunbernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengatakan livestock ekspo ini merupakan penampilan produk-produk peternakan dan kesehatan hewan yang dikemas sexara terpadu di Sumatera Barat.

Nasrul Abit mengatakan, "Saya melihat ternak yang diperlombakan merupakan produk peternakan yang memiliki performa unggul, dan rata-rata sudah diatas SNI dengan berat sapi persilangan jantan rata-rata 1 ton".

"Salah satu produk hasil peternakan kita dalah sapi Qurban dari Presiden yang beratnya 1,2 ton", tambah Wakil Gubernur Sumatera Barat.

Tidak salah kita menjadikan Pasaman Barat sebagai daerah sumber pembibitan sapi, diantaranya bibit sapi bali. Hal ini juga didukung oleh Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan dengan mngalokasikan kegiatan "Penguatan Pembibitan Sapi Potong di Kabupaten Terpilih dan SPR Perbibitan Sapi Potong" di Kabupaten Pasaman Barat.

Selain itu kita Pemerintah Provinsi membangun kembali UPTD Pembibitan di Pasaman Barat, dilahan ex ABD di Air Runding.

"Bagaimana kita kelola kembali dan siapkan sarana dan prasarananya serta tambah dimasukan sapi bali sebanyak 400 ekor", ucap Nasrul Abit

Wagub Sumbar bertekat untuk menjadikan UPT Pembibitan sapi di Air Runding menjadi Rancana Sapi bali pola Integrasi dan Pusat pengelolaan hewan ternak. Sehingga Sumatera Barat memiliki dua rancana pembibitan sapi yakni di Padang Mangatas Kabupaten 50 Kota dan di Air Runding di Pasaman Barat.

Selain itu Wagub Sumbar meminta agar Panen Pedet hasil Inseminasi Buatan (IB) yang dilaksanakan dalam livestock ekspo bukan hanya sebagai seremonial.

"Saya berharap IB dapat kita jadikan sebagai jakan untuk meningkatkan populasi dan produksi ternak sapi, bahkan menjadi ajang untuk perbaikan mutu ternak sapi dan kerbau kita", ucap Nasrul Abit.

Wakil Gubernur menhimbau agar para generasi muda berwirausaha, baik melalui peternakan, perkebunana, pertanian, UMKM, maupun pariwisata.

"Mari kita bina generasi muda untuk bergerak di sektor swasta, sehingga dapat membuka lapangan usaha sendiri dengan demikian pemberdayaan masyarakat ekonomi akan meningkat", ucap Nasrul Abit.

"Saat ini produksi sapi kita ada sekitar 390 ribu dan kerbau sekitar 120 ribu, tentunya ini perlu kita kembangkan, mudah-mudahan dengan adanya lahan 400 Ha Pasaman Barat dapat meningkatkan produksi ternak sapi di Sumatera Barat dimasa-masa mendatang", ucap Wagub Sumbar.

Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan (P2HP) Kementerian Peternakan RI Viny Nurfiani dalam sambutan mengatakan kgiatan ini merupakan selain memepererat silaturahmi serta ajang sharing informasi namun juga merupakam upaya positif dalam mengembangkan agribisnis peternakan.

Mengenai modal dalam pertanian, kami terus mendorong dengan adanya skim kredit pembiayaan khusus untuk pembibitan dan pengembangbiakan sapi dengan bunga 4-6% selama 3 tahun. Selain itu juga ada asuransi ternak sapi yakni asuransi untuk kematian dan kehilangan ternak dengan operatornya saat ini Jasindo, ucap Direktur P2HP

Viny Nurfiani memuji Sumbar yang telah terdepan dalam menghasilkan bibit sapi genetik.

"Dalam rangka menghasilkan bibit sapi potong yang kita adakan uji performance sapi potong pada 13 provinsi yang mengikuti, Sumatera Barat terdepan dalam menghasilkan bibit sapi genetik", ucap Viny.