Nevi Irwan: Forikan Provinsi mesti bersinergi dengan Forikan Kabupaten/kota

Nevi Irwan: Forikan Provinsi mesti bersinergi dengan Forikan Kabupaten/kota

Berita Utama Bagian Pemberitaan Biro Humas(Biro Humas Sekretariat Pemerintah Provinsi Sumatera Barat) 29 Agustus 2016 18:16:28 WIB


Forum Peningkatan Konsumsi Ikan yang disingkat dengan Forikan mengadakan rapat koordinasi  guna mendukung program pemerintah “Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan” (GEMARIKAN) dalam rangka meningkatkan konsumsi ikan di daerah masing-masing, Senin (19/8) Daima Hotel, Padang. Rakor ini dihadiri oleh Ibu wartawati nasrul abit selaku Wakil Ketua Forikan Provinsi Sumatera Barat, Ketua Forikan Kabupaten/Kota, Bapak Yosmeri selaku Kepala dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat, serta kepala dinas terkait dari kabupaten/kota se sumatera Barat.

Konsumsi  ikan masyarakat Sumatera Barat selalu meningkat pertahunnya. Hal itu tidak terlepas dari kerja keras Forum peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) Provinsi  Sumatera Barat yang diketuai oleh Nevi Irwan Prayitno, termasuk FORIKAN yang ada di Kabupaten/Kota.

Dewi Novita selaku Ketua Pelaksana serta Ketua harian Forikan provinsi Sumatera Barat berharap dengan adanya Rakor Forikan ini, Forikan yang ada di Kabupaten/Kota maupun dinas terkait dapat meningkatkan sosialisasi makan ikan yang ada  di Kabupaten/Kota masing-masing.

“Forikan telah mendapatkan berbagai apresiasi dari pemerintah pusat berupa penghargaan sejak tahun 2012, dalam mensosialisasikan gemar makan ikan saya berharap Rakor ini akan menjadi wadah dalam meningkatkan sosialisasi serta inovasi untuk meningkatkan konsumsi ikan,” ungkapnya.

Selanjutnya Ketua Umum Forikan Provinsi sumatera Barat Nevi Irwan Prayitno menyatakan kegiatan kita ditahun 2017 bagaimana sinergisitas antara Forikan provinsi dengan Kabupaten/Kota dalam meningkatkan konsumsi makan ikan yang ada di masyarakat.

“Dengan memanfaatkan kegiatan PKK dalam meningkatkan konsumsi makan ikan, diharapkan mulai dari kader-kader PKK seperti Dasawisma yang merupakan ujung tombak PKK yang ibu-ibunya merupakan ibu rumahtangga membuat menu makan ikan setiap harinya,” jelasnya saat membuka rakor Forikan.    

Nevi berharap program dan pencapaian yang telah diraih dapat meningkatkan sinergitas Forikan kedepannya sehingga konsumsi ikan masyarakat Sumatera Barat terus meningkat kedepannya.

“Tidak hanya ikan laut ikan darek pun juga dapat membuat pintar, kita berharap dapat melampaui target nasional  ini semua tidak terlepas dari kontribusi forikan,” tegas Nevi.

Selanjutnya Yosmeri selaku kepala dinas Kelautan dan Perikanan provinsi Sumatera Barat menyatakan Forikan merupakan Forum makan ikan yang diketuai oleh Ibu Gubernur, dengan adanya forum ini kita dapat meningkatkan konsumsi makan ikan pertahunnya adanya pencanangan Gerakan Meningkatkan Gizi pada 1000 hari pertama kehidupan.

“Penguatan edukasi dan kesadaran masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan perlu terus dilakukan Fish For Baby  yaitu pemberian asupan protein yang bersumber dari ikan sejak 1000 hari pertama kehidupan dan Fish For School yaitu penyediaan bahan makanan berbahan baku ikan di tingkat PAUD, SD dan SMP  melalui kantin sehat,” tegas Yosmeri.

Untuk masalah yang terkait pencurian ikan kita lebih banyak menghadapi illegal fishing pelanggaran administrasi dari provinsi tetangga yang tidak memiliki dokumen lengkap dari pada dari Negara lain. Terhadap daerah yang terkena musibah banjir bandang memang ada bantuan bibit yang akan kita berikan namun bisa diberikan di tahun depan seperti bantuan hibah yang tiap tahunnya kita upayakan.

“Dengan adanya forum ini terjadi peningkatan konsumsi ikan 2 kg/kap nya disetiap tahunnyadari 35,8 kg/kap sekarang sudah diatas 36 kg/kap, Sumatera Barat termasuk konsumsi ikan menengah dalam tingkat nasional,”jelasnya.