PASTIKAN BAYI ANDA DIBERI IMUNISASI DASAR LENGKAP !!!

PASTIKAN BAYI ANDA DIBERI IMUNISASI DASAR LENGKAP !!!

Kesehatan Indra, S.Kom(Dinas Kesehatan) 29 Agustus 2016 09:41:08 WIB


Padang, dinkes.sumbarprov.go.id - Pada masa awal kehidupannya, bayi sangat rentan terkena penyakit berbahaya, seperti penyakit saluran pernapasan akut, Polio, kerusakan hati, Tetanus, Campak dan banyak lagi penyakit berbahaya lainnya. Anak yang terkena penyakit-penyakit tersebut memiliki risiko kematian yang tinggi. Jika tidak sampai meninggal dunia, serangan virus dan penyakit tersebut akan menyebabkan derita fisik dan mental berkepanjangan dan bahkan bias menimbulkan cacat.
Imunisasi adalah perlindungan yang paling ampuh untuk mencegah beberapa penyakit berbahaya tsb. Imunisasi merangsang kekebalan tubuh bayi sehingga dapat melindungi dari beberapa penyakit berbahaya seperti penyakit saluran pernapasan akut, Polio, kerusakan hati, Tetanus, Campak dan banyak lagi penyakit berbahaya lainnya.

 

LINDUNGI BAYI DENGAN LIMA IMUNISASI DASAR LENGKAP

Bayi yang kelihatannya sehat belum tentu kebal terhadap serangan penyakit berbahaya. Membawa bayi kita ke Posyandu atau tempat pelayanan kesehatan lainnya untuk mendapatkan Imunisasi Dasar Lengkap sesuai jadwal adalah wujud kasih sayang dan tanggung jawab melindungi buah hati tercinta. Pemberian Imunisasi Dasar Lengkap berguna untuk member perlindungan menyeluruh terhadap penyakit- penyakit yang berbahaya. Dengan memberikan lmunisasi Dasar Lengkap sesuai jadwal, tubuh bayi dirangsang untuk memliki kekebalan sehingga tubuhnya mampu bertahan melawan serangan penyakit berbahaya.

 

LIMA IMUNISASI DASAR LENGKAP

BERIKAN SEBELUM BAYI BERUSIA 1TAHUN
UMUR BAYI JENIS IMUNISASI MANFAAT
<7 Hari Hepatitis B (HB) 0 Mencegah Penularan Hepatitis B dan Kerusakan Hati
1 Bulan BCG Polio 1 Mencegah Penularan Tuberculosis dan Polio
2 Bulan DPT-HB-Hib 1 Polio 2 Mencegah Polio, Difteri, Batuk Rejan, Tetanus, Hepatitis B, Meningitis, & Pneumonia

3 Bulan DPT-HB-Hib 2 Polio 3
4 Bulan DPT-HB-Hib 3 Polio 4
9 Bulan Campak Mencegah Campak

 

Datanglah segera ke Posyandu, Puskesmas atau petugas kesehatan terdekat untuk melengkapi imunisasi dasar, yaitu Hepatitis B, BCG, Polio, DPT dan Campak. Walaupun sedang batuk, pilek atau mencret, bayi tetap boleh diimunisasi karena tubuh bayi mampu membuat kekebalan, sehingga imunisasi tetap bermanfaat bagi bayi. Bila keluhan bertambah datanglah ke Puskesmas atau dokter terdekat untuk mendapatkan obat. Bayi yang sedang minum antibiotik juga boleh diimunisasi dan tetap bermanfaat bagi bayi.
Kalau imunisasi belum lengkap, segera minta dilengkapi, walaupun umurnya sudah lewat dan tidak sesuai jadwal, misalnya, umur 2 bulan belum imunisasi BCG dan Polio, maka segera minta imunisasi BCG dan Polio. Atau, umur 5 - 12 bulan belum lengkap imunisasi DPT-HB dan Polio, maka segera minta dilengkapi imunisasi DPT-HB dan Polio. Tetapi, jarak antara imunisasi sedikitnya 4 minggu.
Demikian pula, misalnya umur 10 - 12 bulan bayi belum imunisasi Campak, segera minta imunisasi Campak. Yang penting sebelum umur 1 tahun bayi harus sudah mendapat Lima imunisasi Dasar Lengkap : Hepatitis B 4x, BCG 1x, Polio 4x, DPT-HB 3x, dan Campak 1x.

 

JANGAN PANIK JIKA BAYI DEMAM
Tiap bayi memiliki dayatahan yang berbeda-beda. Untuk imunisasi jenis tertentu (DPT-HB) kadang diikuti dengan demam.Jika itu terjadi, kita tidak perlu panik karena demam akan turun dalam waktu tidak lama. Jika demam, pakaikan pakaian yang tipis, beri obat penurun panas, dan kompres dengan air hangat.Jika demam memberat dan menetap, atau jika orang tua merasa kuatir bawalah bayi kita ke Puskesmas, bidan atau dokter terdekat.

 

AYO LINDUNGI TUMBUH KEMBANG ANAK KITA DENGAN LIMA IMUNISASI DASAR LENGKAP SEBELUM ANAK BERUSIA 1 TAHUN

HEBOH VAKSIN PALSU???
JANGAN RAGU DENGAN VAKSIN ANAK ANDA


VAKSIN DI LAYANAN PEMERINTAH (POSYANDU/PUSKESMAS/RS) DIJAMIN AMAN 
Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Call Center Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat (081374134922).