BSBI Menampilkan Kebudayaan berbagai Daerah

BSBI Menampilkan Kebudayaan berbagai Daerah

Berita Utama Jojon(Biro Humas) 19 Agustus 2016 21:28:57 WIB


Jakarta, Gubernur Sumatera Barat menghadiri undangan Kementerian Luar Negeri, Pentas Budaya Minangkabau dan Nusantara oleh Pemuda dari 41 Negara di Taman Ismail Marzuki, 18 Agustus 2016.

Hadir bersama Ibu Menteri Luar Negeri, Ibu Retno Marsudi, di Teater Besar Taman Ismail Marzuki untuk menyaksikan pentas budaya bertema 'Thousands Islands Made in Heaven'. Acara ini melibatkan 60 pemuda-pemudi warga negara asing dari 41 negara, termasuk empat WNI yang cinta akan keindahan dan kekayaan negeri ini.

Pada kesempatan itu Irwan Prayitno mengatakan, mereka adalah para peraih Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI). Kegiatan ini merupakan program tahunan yang difasilitasi oleh Kementerian Luar Negeri bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata RI. Para peserta menampilkan kebudayaan dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk di antaranya Randai dan Tari Piring dari Minangkabau.

“Para peserta dilatih selama 3 bulan, untuk tarian dari Minang dilatih oleh Sanggar Syofyani,” kata Irwan.

Program ini, yang akan diadakan setiap tahun, tentu dapat mengenalkan budaya Minangkabau dan daerah lainnya, bisa menyebar lebih baik lagi bagi masyarakat luar negeri, harapnya. ***