Presiden RI Joko Widodo Shalat Idul Fitri 1437 H di Mesjid Raya Sumatera Barat.

Presiden RI Joko Widodo Shalat Idul Fitri 1437 H di Mesjid Raya Sumatera Barat.

Berita Utama Bagian Pemberitaan Biro Humas(Biro Humas Sekretariat Pemerintah Provinsi Sumatera Barat) 06 Juli 2016 10:56:36 WIB


 

Tepat pada hari ini, rabu ( 6/7/2016) pelaksanaan shalat Hari Raya Idul Fitri 1437 H di Provinsi Sumatera Barat menjadi sangat istimewa, hal ini dikarenakan kehadiran orang nomor satu di Republik Indonesia, untuk pertama kalinya Presiden H.Ir. Joko Widodo bersama Ibu Negara Hj. Iriana Joko Widodo berkesempatan untuk melaksanaan shalat hari raya Idul Fitri 1437 H secara bersama-sama dengan masyarakat Sumatera Barat khususnya kota Padang, yang pelaksanaannya dipusatkan di halaman Mesjid Raya Sumatera Barat.

Pada perayaan Shalat Ied kali ini turut hadir mendampingi Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Irman Gusman, Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia Pratikno beserta istri Siti Farida Pratikono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia Basuki Hadimujono beserta istri Kartika Basuki Hadimuljono, Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala, dan Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Hadi Tjahyanto, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno beserta isteri, Wakil Gubernur Nasrul Abit beserta isteri, unsur forkopimda Provinsi Sumatera Barat, Bupati/ Walikota se-Sumatera Barat, ninik mamak, alim ulama, cerdik pandai, bundo kanduang, dan seluruh warga masyarakat kota Padang.

Dalam sambutannya Irwan Prayitno mengatakan, "selamat datang di ranah Minang kepada Bapak Presiden RI beserta rombongan, sekaligus ucapan terima kasih karena telah mengagendakan untuk sholat Idul Fitri 1437 H bersama masyarakat di Masjid Raya Sumatera Barat ini, mudah-mudahan dengan dipilihnya Sumatera Barat sebagai tempat pelaksanaan Sholat Idul Fitri tahun ini oleh Bapak Presiden, hal ini semakin menandakan kepada kita semua bahwa Sumatera Barat semakin aman dan nyaman dikunjungi, semoga saja silaturrahim antara masyarakat Sumatera Barat dengan Bapak Presiden semakin kokoh".

Tampak antusiasme yang sangat besar warga kota Padang dalam mengikuti shalat Ied kali ini, hal ini terlihat dari kurang lebih puluhan ribu orang warga masyarakat yang hadir memadati halaman Mesjid raya Sumatera Barat guna mengikuti pelaksanaan Sholat Idul Fitri bersama Presiden Joko Widodo.

Dalam Shalat Ied kali ini berkesempatan dalam memberikan ceramah kepada seluruh jemaah shalat Ied yaitu Dr. H. Urwatul Wusqa, Lc, MA.

Gubernur Sumbar juga mengatakan,” Kedatangan Bapak Presiden ke Ranah Minang ini pada tanggal 4 Juli kemaren, juga kita melaksanakan taraweh bersama masyarakat di Masjid Nurul Iman Padang. Hal ini juga menunjukkan bahwa kebersamaan kita dapat menjadi wahana untuk membangun kesolehan sosial, sebagai bulan talbiah, bulan yang mengandung nilai-nilai pendidikan kebersamaan dan kesetiakawanan sosial.Terakhir, Saya ingin mengakhiri pidato ini dengan mengucapkan “Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1437 Hijriyah” kepada kaum Muslimin dan Muslimat di seluruh Sumatera Barat.

“Taqabballallahu Minna wa Minkum, Shiyamana wa Shiyamikum wa Ahalahullahu ‘Alaik” Marilah di hari yang mulia ini kita saling maaf-memaafkan satu sama lain, atas segala kesalahan dan kekhilafan kita.

“Kepada saudara-saudara yang mudik ke kampung halaman masing-masing, saya berpesan berhati-hatilah selama dalam perjalanan. Saya ikut berdoa semoga saudara-saudara senantiasa berada dalam keadaan sehat wal’afiat. Semoga pula saudara-saudara dapat bersilahturahim dengan suasana damai dengan keluarga dan handai taulan di tempat masing-masing.” Pesan Irwan Prayitno.

Setelah cukup lama bersilaturahmi dengan seluruh masyarakat Sumatera Barat yang turut serta pada pelaksanaan shalat Ied di Mesjid Raya Sumatera Barat, Presiden Jokowi beserta rombongan kembali ke hotel dan dijadwalkan pukul 11.00 WIB nanti rombongan RI 1 bertolak ke Bandara Internasional Minangkabau guna kembali ke Jakarta.