KEMENPORA GELAR ACARA FASILITASI PEMBENTUKAN LPKP

KEMENPORA GELAR ACARA FASILITASI PEMBENTUKAN LPKP

Berita Utama () 16 Juni 2016 08:18:11 WIB


PADANG,… Kementrian Pemuda dan Olahraga ( Kemenpora ) RI dengan menggandeng Dinas Pemuda dan Olahraga ( Dispora ) Sumbar melalui Bidang Pengembangan Pemuda, gelar acara Fasilitasi Pembentukan Lembaga Permodalan Kewirausahaan Pemuda ( LPKP ) Daerah Tahun 2016.

Kegiatan tersebut secara resmi dibuka Sekretaris Daerah ( Sekda ) Provinsi Sumatera Barat Ali Asmar, Senin 13/ 6 sore di Hotel Bumi Minang Padang.

Dalam sambutannya Ali Asmar mengatakan, dari dulu orang minang sudah terkenal kehebatannya dalam berwirausaha.

‘’ orang Minang kalau berdagang selalu lebih maju beberapa langkah dari orang Cina’’ . Lebih maju disini menyatakan orang minang berdagang selalu didepan toko orang Cina dengan berjualan kaki lima,’’ kata Ali Asmar dengan sedikit guyonannya.

Istilah ini walaupun nyeleneh namun tidak merobah kenyataan bahwa kepiawaian orang Minang dalam Berwirausaha sudah teruji di daerah- daerah yang ada di Indonesia. Dengan adanya program Pemerintah pusat melalui Kemenpora RI yang akan membentuk LPKP di Sumatera Barat, merupakan angin segar bagi masyarakat khususnya pemuda Minang, untuk mengembangkan serta menjadikannya wirausaha muda handal yang memiliki daya saing di kancah Internasional .

Lebih lanjut Ali Asmar menyampaikan, kita sebagai pemerintah daerah sangat mendukung terbentuknya LPKP secepat mungkin, untuk itu kita meminta semua lembaga serta dinas terkait dapat melakukan upaya untuk mendorong lahirnya pergub ataupun Perda LPKP.

“ kita yakin dengan terbentuknya LPKP di Sumatera Barat, wirausaha muda handal Minang akan bermunculan, dalam menghadapi pertarungan globalisasi MEA yang telah berjalan,’’ kata Ali Asmar.

Asisten Deputi ( Asdep ) Kewirausahaan Pemuda, Kemenpora RI, Ponijan menyampaikan, tujuan dibentuknya LPKP ini, melahirkan 1 juta kewirausahaan di Indonesia, serta untuk membentuk karakter pemuda, yang memiliki ketekunan, keuletan, dan jiwa entrepreneurship, serta nantinya mampu menjadikannya sebagai pemuda pelopor di daerah masing- masing.

Keberhasilan pembentukan LPKP ini, tergantung dari kolaborasi lembaga dan dinas terkait dalam melahirkan perda nantinya. Sedangkan untuk LPKP pusat, 16 kementrian terlibat didalamnya

‘’ adapun daerah yang sudah memiliki perda, baru Provinsi Banten dan Maluku, serta untuk Kabupaten/ Kota, hanya kota Bandung ,’’ ungkap Ponijan.

Panitia pelaksana Kepala Bidang Akses Permodalan Kemenpora RI, Ahmad Arsani menerangkan, kegitan ini dilaksanakan dari tanggal 13 sampai 15 Juni, dengan peserta berasal dari Bappeda Sumbar, Dinas Koperasi dan UMKM Sumbar, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumbar, Dinas Perdagangan Sumbar, Dinas Perikanan dan Kelautan Sumbar.

Kemudian Kemenag, Unes, Unand, Muhammadiyah, Bank Nagari, Forum Kewirausahaan Pemuda, Semen Padang, dan Dispora Sumbar,’’ terang Ahmad Arsani. ( Mul )