BIMBINGAN PEMANTAPAN PENDAMPING KUBE FM

BIMBINGAN PEMANTAPAN PENDAMPING KUBE FM

Aplikasi Program Sosial ARNES BASRI, S.Kom(Dinas Sosial) 18 April 2016 11:52:49 WIB


BIMBINGAN PEMANTAPAN PENDAMPING KUBE FM 2016

 

Padang. Dinas Sosial tahun 2016 ini menyelenggarakan Bimbingan Pemantapan Pendamping KUBE FM Tahun 2016 yang dilaksanakan di Hotel Rumah Nenek pada 8 s.d 10 Maret 2016. Pada pertemuan kali ini dihadiri oleh Pendamping KUBE yang ada di Provinsi Sumatera Barat berjumlah 48 orang. Acara ini difasilitasi oleh Bidang Pemberdayaan Sosial di Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat. 

 Materi pada Bimbingan Pemantapan Pendamping KUBE-FM adalah :

  1. Kebijakan Program Pembangunan Kesejahteraan Sosial di Sumatera Barat.
  2. Kepemimpinan Dalam Pendamping KUBE
  3. Pengendalian, Monitoring dan Evaluasi
  4. Pengadminitrasian Kewirausahaan
  5. Pelaparon dan Administrasi KUBE
  6. Pengembangan UEP Menujunu Koperasi

Metode yang kita gunakan selama ini dalam penanganan masalah kemiskinan adalah metode pendekatan kelompok. Disinilah saudara-saudara selaku pembina dan pendamping KUBE berperan aktif melakukan pendampingan sehingga kelompok dapat terampil dalam mengelola UEP-KUBE, jeli melihat peluang-peluang usaha, serta mampu mencari solusi yang tepat jika kelompok dalam kondisi statis atau kritis.

Oleh kerena itu untuk meningkatkan keberhasilan dan percepatan penanggulangan kemiskinan kami harapkan Saudara dapat berperan aktif melakukan pendampingan dan pembinaan terhadap Kelompok Usaha Bersama (KUBE)  Fakir Miskin yang telah menerima bantuan sehingga KUBE FM tersebut agar dapat berdayaguna dan berkembang. Dengan telah berkembangnya KUBE FM, diharapkan dapat digulirkan kepada keluarga miskin lainnya sehingga KUBE FM dapat berfungsi sebagai potensi sosial dan sekaligus sebagai media untuk menghimpun potensi dan saling membantu di antara anggota kelompok usaha bersama.

Diharapkan dengan adanya Bimbingan Pemantapan ini, peserta dapat memahami bagaimana pelaksanaan KUBE dan bisa memberikan motivasi kepada KUBE untuk berusaha maksimal.