Nagari Talu Dinilai Tim Provinsi

Berita Utama () 11 Juni 2013 17:00:00 WIB


Nagari Talu, Kecamatan  Talamau, Kabupaten  Pasaman Barat dipilih sebagai  perwakilan nagari mengikuti lomba nagari berprestasi tingkat Sumbar tahun 2013. Kemarin Jumat (7/6) nagari ini dinilai tim provinsi, karena berpeluang mengukir prestasi terbaik tingkat provinsi. 

Menurut Wakil Bupati Pasbar, H Syahrul Dt Marajo,  saat acara penilaian lomba nagari tingkat provinsi Sumbar di Gedung Pertemuan Talamau, Jumat (7/6) mengatakan, tatanan fisik dan juga managemen yang terlihat di Nagari Talu sekarang, merupakan potret asli dari pemerintahan  di nagari  setempat. Sejauh pandangan dan penilaian Pemerintah Kabu­paten Pasbar, Nagari Talu sangat berpeluang  mendapat  prestasi di tingkat Sumbar, bahkan  diharapkan dapat mengulir prestasi nantinya di tingkat Nasional nantinya. 

“Kita tentu sangat berharap tim penilai  dalam lomba nagari  tingkat provisi ini menilai secara objektif dan menjadi nagari yang berpeluang untuk meraih penghargaa sebagai nagari terbaik di Sumbar,” Kata Wakil Bupati Pasbar, H. Syahrul Dt. Marajo. 

Disampaikan, pemerintah  setempat sudah memperlihatkan potret ril dari pemerintahan Nagari Talu kepada tim penilai. Semoga harapan masyarakat setempat, mendapatkan prestasi ditingkat provinsi bahkan ditingkat nasional terkabul nantinya. 

Selain untuk mengukir prestasi, kegiata ini juga sebagai ajang pembenahan secara terus menerus untuk menampilkan pemerintahan nagari yang paling sempurna di semua nagari se-Pasbar. 

Apapun hasil yang dicapai dalam perlom­baan nagari sekarang lanjutnya, harus dija­dikan sebagai wadah motivasi  bagi seluruh pemerintah nagari yang ada di Pasbar. Apalagi keberadaan nagari di Pasbar sangat jauh bedanya dibandingkan dengan nagari-nagari lain di Sumbar,  terlebih adanya anggaran Rp 1 miliar setiap nagari. 

Sementara Penanggungjawab  Tim Penilai Lomba Nagari/Kelurahan Provisi Sumbar, Suhermanto Raza mengatakan, yang dilom­bakan ini yakni, bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, pemerintahan, lembaga ke­masyarakatan, pemberdayaan kesejahteraan keluarga dan muatan lokal. 

Nagari yang mendapatkan prestasi terbaik bakal diundang ke Istana Negara, Jakarta guna mengikuti acara kenegaraan dalam rangka peringatan Hari Uang Tahun Kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 2013 mendatang. 

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana (BPMKB) Pasbar, H. Hendri Tanjung, menyampaikan pihaknya terus menjalin komunikasi intensif dengan  seluruh jajaran pemerintah nagari di ka­bupaten setempat. Ia menilai, Nagari Talu berpotensi untuk mendapat prestasi di nagari berprestasi tingkat Sumbar sekarang