Kesbangpol selenggarakan dialog politik di 4 daerah

Kesbangpol selenggarakan dialog politik di 4 daerah

Kegiatan Strategis TITA SHANIA(Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) 01 April 2016 00:38:07 WIB


Dalam rangka peningkatan aspirasi politik masyarakat Sumatera Barat, tahun 2016 ini Badan Kesbangpol Sumbar telah melaksanakan dialog politik di 4 daerah yakni di Kepulauan Mentawai, Payakumbuh, Sawahlunto dan kota Pariaman. Dialog politik di selenggarakan untuk mewujudkan kehidupan politik yang lebih demokratis di Sumatera Barat.

Badan Kesbangpol Sumbar menghadirkan seluruh elemen masyarakat seperti tokoh agama, tokoh adat, anggota partai politik dan unsur pemerintah daerah berjumlah 100 orang. Unsur pemerintah daerah menunjukkan antusiasme serta dukungan yang tinggi dalam merespon kegiatan ini. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya Walikota Payakumbuh, Bapak Riza Pahlevi sebagai pembicara utama. Dalam penyelenggaraan dialog politik yang terakhir di kota Pariaman, Wakil Walikota, Bapak Genius Umar juga tampil sebagai pembicara. Selain kepala daerah, narasumber lainnya adalah unsur pengajar pada perguruan tinggi dan Kepala Badan Kesbangpol Sumbar. Badan Kesbangpol Sumbar mengharapkan dengan rutinnya diadakan dialog politik ini, akan semakin terbuka komunikasi antar infra dan struktur politik didaerah yang nantinya akan mendorong meningkatnya partisipasi politik masyarakat dalam pemilihan umum. 

Menurunnya tingkat partisipasi politik dalam pemilihan umum kepala daerah serentak tahun 2015 kemarin yakni hanya sebesar 58,65 % disikapi serius oleh pemerintah daerah. Walau sebenarnya penurunan partisipasi politik ini tidak hanya disebabkan oleh rendahnya upaya pemerintah dalam menjalin komunikasi dan menggiatkan sosialisasi peraturan politik pada masyarakat.