Mendagri Tawarkan Satpol PP Melawan Teroris

Mendagri Tawarkan Satpol PP Melawan Teroris

Berita Utama Admin Satpol PP(Satuan Polisi Pamong Praja) 17 Maret 2016 10:08:30 WIB


Satpol PP Sumbar, Padang --- Mengutip dari pidato Mendagri Tjahjo Kumolo di hadapan ratusan perwakilan Satpol PP dari seluruh Indonesia yang hadir di acara HUT Satpol PP ke 66 dan Satlinmas ke 54 di Palu Provinsi Sulawesi Tengah, Kamis (3/3/2016) yang lalu.

“Tugas Satpol PP adalah melayani masyarakat, sebagai penegak peraturan daerah yang harus menjaga ketertiban umum dan ketentraman masyarakat. Selain itu, harus juga menjadi pengayom masyarakat”, kata Tjahjo.

Indonesia negara yang besar, sebelum menjalankan tugasnya, para Satpol PP harus lebih dulu memahami kondisi kultur di daerah. Dengan begitu, dapat memberikan rasa nyaman dan tenteram kepada masyarakat. Mendagri menyarankan agar mereka bisa bertugas dengan murah senyum saat memberikan pemahaman ke warga soal peraturan dan undang-undang agar tidak menimbulkan stigma buruk publik, bahkan Satpol PP harus berani tentukan sikap, siapa lawan dan siapa kawan.

Mendagri juga menambahkan, alasan penyelenggaraan HUT Satpol PP di Palu, karena adanya potensi radikalisme dan terorisme. Satpol PP diminta ikutserta mendukung perjuangan TNI/Polri dalam membasmi gerakan Teroris. Caranya, dengan menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat.

Mendagri menawarkan Satpol PP untuk dapat terjut ke Kabupaten Poso, untuk melakukan perlawanan terhadap kelompok Teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Santoso, “Polisi Pamong Praja bisa membantu aparat TNI/Polri dalam penumpasan Teroris di Poso kalau ada yang berani ikut”, ujar Tjahjo Kumolo. Langsung dijawab serentak “SIAP” oleh peserta upacara yang diikuti oleh Satpol PP se Indonesia.

Satpol PP harus membantu TNI/Polri menyelesaikan keamanan di Poso karena sudah mengganggu stabilitas keamanan negara, kita tidak boleh main-main terhadap teroris karena dapat meruntuhkan kesatuan Republik Indinesia. “MAJU TERUS SATPOL PP”

 

(by Novear)