Pentingnya Sarung Tangan Saat Mengendarai Motor

Artikel Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika(Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika) 28 Agustus 2013 01:21:29 WIB


Sarung tangan biasanya merupakan aksesoris untuk menghadapi cuaca dingin. Tapi mengapa banyak orang di cuaca yang panas seperti sekarang ini tetap menggunakan sarung tangan? Jawabannya sederhana : Keamanan.

Yup, boleh jadi Anda termasuk salah satu orang yang tidak suka menggunakan sarung tangan saat berpergian dengan si kuda besi. Alasan ribet, kurang nyaman, hingga malas biasanya jadi faktor utama, tapi percayalah bahwa sarung tangan memiliki peran yang cukup penting sebagai bagian dari “safety gear” saat berkendara.

Nah, sebagai “smart rider” kita harus paham tentang fungsi sarung tangan saat mengendarai sepeda motor :

  • Proteksi/perlindungan

Gesekan konstan stang motor dengan kulit Anda, terutama ketika Anda sedang berkeringan/basah, berpotensi menyebabkan lecet. Memakai sarung tangan mencegah lecet tersebut, ataupun gesekan lainnya yang menimbulkan ketidaknyamanan karena getaran yang dihasilkan saat melibas jalanan.

  • Grip

Beberapa jenis sarung tangan motor dilengkapi dengan karet sehingga Anda lebih mudah mencengkram setang di cuaca yang panas, basah, atau lembab. Jika grip Anda semakin baik, maka kontrol sepeda motor pun akan lebih baik.

  • Kehangatan

Sarung tangan juga berfungsi untuk memberikan kehangatan dalam cuaca dingin, bahkan ketika mereka basah karena hujan. Jika Anda mencengkram benda dingin seperti setang, Anda bisa dengan mudah kehilangan panas di tangan Anda. Sarung tangan akan membantu Anda menghindarai Hipotermia saat melintas daerah yang dingin, seperti daerah Puncak Bogor misalnya. Di musim panas, sarung tangan juga berfungsi melindungi kulit dari gigitan sinar matahari.

  • Keamanan

Fungsi terakhir ini adalah fungsi yang paling esensial dari penggunaan sarung tangan saat mengendarai motor. Yup, sarung tangan sedikit banyak membantu mencegah kerusakan serius pada bagian tangan pada saat kecelakaan. Biasanya, pada saat terjadi benturan/terjatuh, gerak refleks tangan akan langsung melindungi bagian tubuh lainnya dan ini berpotensi menyebabkan tangan terluka parah.

Sumber : Majalah AutoBild