Gempa Besar Kembali Guncang Sumbar

Gempa Besar Kembali Guncang Sumbar

Berita Utama Admin Satpol PP(Satuan Polisi Pamong Praja) 03 Maret 2016 11:10:39 WIB


Satpol PP Sumbar, Padang --- Gempa Tektonik kembali mengguncang Sumbar pada Rabu (2/3) pukul 19.49 WIB yang berpusat Kepulauan Mentawai, menurut Informasi yang diterima dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa dengan berkekuatan 8,3 SR berpusat pada 5,16 Lintang Selatan (LS) dan 94,05 Bujur Timur (BT) pada kedalaman 10 kilometer.

Selang beberapa detik kemudian terjadi lagi gempa susulan yang berkekuatan 7,8 SR 19:49:47 berpusat pada 4,92 Lintang Selatan (LS) dan 94,39 Bujur Timur (BT) pada kedalaman 10 km.

Gempa ini malam membuat warga Kota Padang sempat panik. Apalagi, jaringan telepon sempat terganggu sehingga sulit menghubungi keluarga, dengan diiringi peringatan gempa berpotensi tsunami setelah melihat siaran di Televisi. Semua berlarian menyelamati diri berupaya untuk mencari daratan tinggi.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengimbau masyarakat untuk tetap tenang, tidak perlu panik dengan kondisi ini dan diminta untuk melakukan evakuasi ke tempat yang lebih tinggi. “Warga Padang jangan panik dan jangan memberi informasi yang membuat situasi semakin parah, tunggu perintah dari pemerintah setempat”. “Lebih baik masyarakat evakuasi ketempat shelter yang telah tersedia,” jelas Gubernur.

Sementara itu Plt Kasatpol PP Sumbar (H. Abdul Rahman, SE. MM) tidak ada di Padang karena sedang menghadiri HUT Pol PP ke 66 di Kota Palu, langsung memerintahkan Kasi Operasional dan Pengendalian (Rusdi, SH)  melakukan patroli dan evakuasi warga yang tinggal di bibir pantai untuk mengungsi ke tempat ketinggian atau ketempat shelter yang telah tersedia oleh pemerintah.

“Terkait dengan peringatan gempat berpotensi tsunami, kami telah mempersiapkan armada Dalmas, 2 unit kendaraan patroli untuk berjaga-jaga di lokasi pantai padang dan 20 anggota Satpol PP siap membantu evakuasi warga” ujar Rusdi.

(by Novear)