Dialog politik di kabupaten kepulauan Mentawai upayakan peningkatan pemahaman proses demokrasi

Artikel TITA SHANIA(Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) 26 Februari 2016 18:03:30 WIB


Kamis, 25/02, Badan Kesbangpol Prov. Sumbar selenggarakan dialog politik bagi 100 orang tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, dan pimpinan parpol di kab. Kep. Mentawai. Menjadi pembicara pada acara ini adalah Bupati Kep. Mentawai, Ka. Badan Kesbangpol, Dekan Fisip Unand dan Kepala Bidang Poldagri. Dalam acara yang dibuka langsung oleh Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet ini, pemerintah daerah mengharapkan agara terjadi peningkatan pemahaman tentang proses demokrasi di Kep. Mentawai, agar kehidupan demokrasi berjalan sesuai dengan norma dan etika yang berlaku. Dialog politik juga bertujuan untuk membangun kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dalam pemilu/pemilukada.

Jika melihat angka partisipasi politik masyarakat Mentawai pada pemilukada 2015 lalu, dari jumlah Daftar Pemiluh Tetap sebanyak 54.679 orang, yang berpartisipasi dalam pemilukada adalah sebanyak 34.719 orang atau sekitar 63,50%. Dalam rangka meningkatkan dan mendorong partisipasi politik masyarakat Mentawai khususnya jelang pemilukada kabupaten kep Mentawai tahun 2017 mendatang, pemerintah daerah akan lebih intensif menyelenggarakan sejumlah ruang dialog dan fasilitasi.

Secara umum, pelaksanaan pemilukada di Mentawai tidak menemukan hambatan berarti. Pada pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar 2015 lalu, jumlah suara sah adalah 34.429 suara dengan persentase 53,95% atau sekitar 18.573 suara diraup oleh pasangan MK-Fauzi, dan 46,05% atau sekitar 15.856 suara diraih oleh pasangan IP-NA.

Dalam rangka persiapan pelaskanaan pemilukada kabupaten kep Mentawai tahun 2017 mendatang, Badan Kesbangpol Sumbar akan kembali menyelenggarakan dialog politik serta sejumlah upaya fasilitasi untuk mendongkrak partisipasi politik masyarakat.