Hingga November, Kesbangpol realisasikan 77% anggaran

Artikel TITA SHANIA(Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) 22 Desember 2015 10:24:05 WIB


Hingga November 2015, Badan Kesbangpol Sumbar telah merealisasikan anggaran sebesar Rp. 3.358.636.318 atau 77,80%. Kegiatan kegiatan yang terlaksana di akhir tahun anggaran ini diantaranya adalah 12 kali sidang tim pembahasan fasilitasi Penggantian Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD Kabupaten/Kota di Sumatera Barat, Sosialisasi dan pembinaan bagi ormas, sosialisasi peraturan dan undang undang bidang politik. Badan Kesbangpol Sumbar juga telah menggelar Seminar bela negara bagi 100 orang anggota ormas, partai politik, siswa dan mahasiswa serta generasi muda.

Beberapa kegiatan pemerintah pusat juga diselenggarakan di Sumbar dan difasilitasi oleh Badan Kesbangpol Sumbar, salah satunya adalah Rakor Ketahanan Negara yang digelar oleh Kementerian Politik Hukum dan HAM RI, Desember lalu. Menjelang tanggal 9 Desember 2015 yang merupakan hari pemungutan suara pilkada serentak di 14 daerah di Sumbar, Badan Kesbangpol Sumbar bersama instansi terkait menggelar beberapa pertemuan dan koordinasi secara intensif untuk memastikan penyelenggaraan pemilu di Sumbar berlangsung tertib dan lancar. Tim pemantauan pemilihan kepala daerah telah mulai turun ke 13 kabupaten/kota di Sumbar dan berkoordinasi dengan pemegang otoritas setempat. Pada hari H pemungutan suara, sebanyak 13 tim pemantauan pelaksanaan pilkada kembali turun ke 13 kabupaten/kota yang melangsungkan pemilihan Bupati/Walikota termasuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, untuk meninjau langsung situasi dan kondisi daerahj serta meninjau langsung proses penghitungan suara di daerah.

Badan Kesbangpol Sumbar menargetkan kegiatan kegiatan yang belum terlaksana dapat diselesaikan sebelum minggu ketiga Desember dan target realisasi anggaran sebesar 95% dapat dicapai.