LAPOR!, Ajak Partisipasi Masyarakat Awasi Program Pemerintah

Berita Utama () 04 Desember 2015 17:27:13 WIB


Jika anda memiliki pertanyaan sehubungan dengan berbagai hal seputar kepegawaian Nasional, akses http://www.bkn.go.id/lapor-bkn

Pemerintah melalui aplikasi Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) kembali mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam pengawasan program pemerintah. Dalam kurun waktu 4 tahun sejak pertama kali diluncurkan, aplikasi yang ditujukan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat sangat besar manfaatnya bagi pemerintah. Aplikasi LAPOR! menerapkan prinsip mudah dan terpadu, masyarakat dapat dengan mudah menyampaikan aspirasi dan pengaduan terkait pembangunan dan pelayanan publik melalui media elektronik. Sementara bagi pemerintah dengan adanya LAPOR! semua aspirasi pengaduan yang disampaikan oleh masyarakat akan tercatat dan teradministrasi dalam big data yang terintegrasi dengan masing-masing instansi pemerintah.

Data yang terkumpul dijadikan masukan bagi agenda kunjungan (blusukan) Presiden ke daerah, sehingga keluhan dan aspirasi dari masyarakat terselesaiakan dengan baik.

Program ini sejalan dengan Nawa Cita Presiden Jokowi yakni Menghadirkan Kembali Negara, Membuat Pemerintah Tidak Absen dengan Membangun Tata Kelola Pemerintahan Yang Bersih, Efektif, Demokratis dan Terpercaya dengan Membuka Partisipasi Publik.