SOSIALISASI ONE VILAGE ONE PRODUCT ( OVOP)

SOSIALISASI ONE VILAGE ONE PRODUCT ( OVOP)

Industri dan Perdagangan BUDI SETIAWAN, ST, M.Si(Dinas Perindustrian dan Perdagangan) 24 November 2015 23:20:24 WIB


SOSIALISASI ONE VILAGE ONE PRODUCT ( OVOP)

 

Kegiatan Sosialisasi One Vilage One Product ( OVOP ) dilaksanakan pada tanggal 17 November 2015 bertempat di Hotel Grand Zuri Pdang.

 

Kegiatan ini diikuti oleh anggota OVOP Provinsi dan sebagai Nara Sumber  Ridonald, SE, M.Si dengan menyampaikan Program Pengembangan IKM melalui One Vilage One Product a.l :

Kementerian Perindustrian memiliki Program Peningkatan Efektivitas Pengembangan IKM melalui Pendekatan Satu Desa Satu Produk (OVOP) yang bertujuan untuk:

a.   Membangun kesadaran masyarakat lokal tentang potensi daerahnya.

b.   Mengenali kekayaan daerah yang dimiliki.

c.    Membangun ketekunan untuk melakukan sesuatu dengan semangat dan tanpa menyerah secara gotong-royong sebagai suatu kekuatan.

d.   Mengembangkan motivasi, kreativitas dan inovasi masyarakat untuk meraih nilai produk yang lebih tinggi dan pendapatan yang lebih baik.

e.   Mengembangkan strategi pemasaran produk dan jalur distribusi yang lebih menguntungkan.

f.    Memperkuat fasilitas pengembangan inovasi dan informasi teknologi sebagai sarana informasi dan promosi produk lokal.

g.   Meningkatkan upaya pengembangan SDM masyarakat lokal.

 

Pengertian Pendekatan Satu Desa Satu Produk (OVOP) adalah Pendekatan pengembangan potensi daerah di satu wilayah untuk menghasilkan satu produk yang memiliki keunikan/kearifan lokal, berkualitas ekspor dan diproduksi secara berkesinambungan (kontinu).

Satu desa dapat diperluas menjadi kecamatan, kabupaten/kota, maupun kesatuan wilayah lainnya sesuai dengan potensi dan skala usaha secara ekonomis.

Dengan rinssip Dasar : Local yet global, Self-reliance and creative dan Human resource development (HRD)

PRODUKSI LOKAL NAMUN BERSIFAT GLOBAL

Mengupayakan potensi lokal untuk mencapai reputasi global, dengan merevitalisasi tiap daerah untuk mengembangkan potensi sumber daya dan memacu menghasilkan kreasi produk yang spesial/unik, perpaduan dengan potensi kearifan dan budaya lokal, yang bernilai tambah tinggi, bernuansa   standar pasar internasional, dan tetap menjaga kelestarian lingkungan.

Produk OVOP dapat dipasarkan secara internasional, namun tetap disukai di pasar lokal.

KEMANDIRIAN DAN KREATIVITAS

Penggerak utama yang menjadi kekuatan gerakan OVOP adalah masyarakat sendiri.

Menggerakkan peran masyarakat dengan kreativitas, inovasi, ketekunan, dan potensi sumber daya

Pengetahuan masyarakat itu sendiri merupakan salah satu prinsip dasar gerakan OVOP. Masyarakat yang menentukan produk terpilihyang memiliki spesialitas/keunikan nyata.

PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA

Pengembangan SDM masyarakat lokal merupakan prinsip yang sangat penting dalam gerakan OVOP.

Masyarakat harus mempunyai motivasi tinggi untuk mentransformasikan tantangan menjadi peluang, tidak menyerah dalam pencarian, tidak pernah menderita oleh kegagalan, tetapi secara terus menerus berupaya menghadapi perubahan.

KEGIATAN PENGEMBANGAN OVOP terdiri dari :

  1. Koordinasi dan Sosialisasi Program OVOP
  2. Identifikasi dan Seleksi Sentra OVOP dan Produk OVOP
  3. Sertifikasi OVOP (sentra dan produk)
  4. Pembinaan dan Penguatan OVOP, melalui ;

        Pelatihan

        Pendampingan tenaga ahli

        Bantuan sarana usaha

        Promosi dan Pameran

        Fasilitasi HKI

        Fasilitasi permodalan

  1. Pemberian Penghargaan OVOP

 

Dalam kesempatan ini juga disampaikan Petunjuk Teknis Penilaian, Klasifikasi dan Pembinaan Produk Ovop. sebagai berikut :

  1. Pembentukan Tim Forum Koordinasi OVOP (FKO) Provinsi
  2. Pembentukan Tim Seleksi Administrasi Tingkat Provinsi
  3. Sosialisasi program OVOP kepada pengusah IKM potensial dan mengundang untuk mengirim produk terbaiknya untuk dilakukan penilaian.
  4. Seleksi Sentra OVOP
  5. Seleksi Produk OVOP
  6. Pembinaan dan   pengembangan produsen OVOP dan sentra OVOP
  7. Seleksi Penghargaan OVOP