Mendagri Imbau Kepala Daerah Waspadai Konflik Pilkada

Mendagri Imbau Kepala Daerah Waspadai Konflik Pilkada

Berita Utama Jojon(Biro Humas) 19 November 2015 23:42:40 WIB


Jakarta, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, melalui surat 080/6498/SJ perihal Tindak Lanjut Rakornas Pemantapan Pilkada Serentak 2015 dan Antisipasi Dampak Aksi Terorisme, mengimbau kepala daerah mewaspadai konflik.

Menurut Tjahjo, dua hal yang mendasari diterbitkannya surat itu. “Pertama, adanya  arahan Presiden pada Rakornas Pemantapan Pilkada Serentak 2015 untuk melaksanakan deteksi dini dan mencegah terjadinya konflik. Kedua, antisipasi dampak tindak kejahatan luar biasa, khususnya terorisme di Paris, Prancis,” kata Mendagri di kantornya, Kamis (19/11).

Dia juga  meminta kepala daerah untuk meningkatkan kewaspadaan, keamanan, dan melaksanakan pengamanan masalah Pilkada Serentak, seperti ketersediaan anggaran dan  distribusi logistik. Dia mengimbau agar Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di tingkat provinsi dan kabupaten/kota, serta forum koordinasi pimpinan di tingkat kecamatan, dapat dioptimalkan mengantisipasi kerawanan konflik.

Selain itu, koordinasi antara pemerintah daerah dengan TNI, Polri, BIN, Kementerian Agama, Kementerian Hukum dan HAM Cq Ditjen Imigrasi, juga harus ditingkatkan. “Untuk melakukan deteksi dini dan cegah dini terhadap kelompok-kelompok yang terdeteksi berafiliasi dengan jaringan teroris internasional di Indonesia,” tegasnya.

Dia menambahkan agar kepala daerah mengoptimalkan tokoh-tokoh agama, masyarakat, adat dan forum kemitraan masyarakat. Tujuannya agar melakukan deteksi dini, cegah dini dan lapor dini terhadap kegiatan individu atau kelompok yang mengarah pada gangguan keamanan.

(Hms Sbr/Sumber Info Publik)