BKP Sambut Kedatangan Mahasiswa UNAND

BKP Sambut Kedatangan Mahasiswa UNAND

Berita Utama YANITA SELLY MERISTIKA, S.Kom(Dinas Pangan) 16 Oktober 2015 15:24:01 WIB


Padang, 13 Oktober 2015

Hari Selasa (13/10/2015), BKP kedatangan tamu istimewa, adik-adik mahasiswa Universitas Andalas yang tergabung dalam Himpunan MAhasiswa Teknologi Pertanian (Himateta) dan mahasiswa peduli pangan. Kedatangan mahasiswa ini dalam rangka temu ramah dan diskusi mengenai perkembangan kondisi ketahanan pangan Nasional dan Daerah, Sumbar khususnya. Acara diskusi yang digelar di Aula BKP ini dipandu Kepala Bidang Distribusi dan Harga Pangan, Buskar Zulmahdi.

Pada kesempatan itu Buskar menyampaikan program-program aksi BKP dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional dan daerah. Disampaikan oleh Buskar, dalam mendukung ketahanan pangan dilaksanakan melalui tiga aspek atara lain ketersediaan, akses dan konsumsi pangan.

"Dari segi ketersediaan pangan dilaksanakan melalui kajian-kajian penghitungan ketersediaan pangan atau yang lebih dikenal dengan Neraca Bahan Makanan (NBM)" lanjut Buskar. "Kegiatan aksi yang kita lakukan antara lain Lumbung Pangan, Penanganan Daerah Rawan Pangan (PDRP), Desa Mandiri Pangan" lanjut Buskar lagi.

Dari segi akses pangan, pemerintah mengusahakan bagaimana agar pangan dapat sampai ke tangan masyarakat dalam jumlah yang cukup dan terjangkau, dengan menjaga kestabilan harga pangan. "Harga beras misalnya, jangan sampai dibawah HPP dengan menumbuhkan dan mengembangkan Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat (LDPM)", kata Buskar. Selain itu program aksi yang akan dilaksanakan pada tahun 2016 adalah melalui kegiatan Toko Tani Indonesia (TTI) dan bekerjasama dengan Bulog yang bertujuan untuk menjaga kestabilan harga pangan sehingga tidak terjadi fluktuasi harga.

Sedangkan aspek konsumsi berfungsi mengarahkan agar pola pemanfaatan pangan secara nasional memenuhi kaidah mutu, keragaman, kandungan gizi, kemananan dan kehalalannya. Dilaksanakan melalui pemberdayaan Kelompok Wanita Tani (KWT) dengan kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), pengembangan pangan pokok lokal guna mencapai skor pola pangan harapan ideal (100). "Saat ini skor PPH kita baru 84,5" lanjut Buskar.

Selain penyampaian program aksi BKP, mahasiswa juga banyak berdiskusi mengenai perkembangan ketahanan pangan Sumbar. Dan acara temu ramah ditutup dengan foto bersama.