Tour de Singkarak 2015 kembali meriahkan masyarakat sumbar

Berita Utama AFIF AFDISYA(Satuan Polisi Pamong Praja) 02 Oktober 2015 11:43:18 WIB


PADANG, Satpol PP Sumbar  - Tour de Singkarak (TdS) yang ke-7 akan kembali dilaksanakan, mulai dari tanggal 3 sd 11 Oktober 2015 yang diikuti 24 tim dari 36 negara dengan tempuh jarak 1.341,5 km. Tds ini merupakan perlombaan balap sepeda tingkat internasional yang paling besardan terfavorit di Asia sekaligus sebagai sarana mempromosikan wisata dan budaya Sumatera Barat dan sekaligus untuk memacu pembangunan infrastruktur daerah dan membuka akses wilayah untuk pasar dan investasi.

Kejuaraan Balap sepeda Tds sudah dimulai sejak tahun 2009 yang sudah masuk dalam kelender persatuan balap sepeda  internasional atau Union Cycliste International (UCI) yang bekerjasama dengan Amaury Sport Organisation (ASO) yang menjadi penyelenggara Tour de France di Perancis.

Pada TdS 2015 kali ini akan dikuti 24 tim dari 36 negara. Sebanyak 24 tim peserta ini antara lain Asian Racing Team (Jepang), Arbo Denzel Cliff (Austria), 7 Eleven Roadbike (Filipina), Holy Brother Cycling Team (Republik Rakyat Cina), Attaque Team Gusto (Taiwan), National Sports Council (Malaysia), Pegasus Continental Cycling Team (Indonesia),  Pishgaman Giant Team (Iran), St. George Merida Cycling Team (Australia), Singaha Infinite Cycling Team (Thailand), Team Diferdance Gigi Losch (Luksemburg), Track Team Astana (Kazakhstan), Uzbekistan National Team (Uzbekistan), dan ada beberapa tim terbaik yang akan dipilih PB ISSI untuk mengikuti kegiatan ini.

Untuk persiapan jalur balapan sesuai dengan jadwal dimulai dari start Pantai Carocok, Pesisir Selatan dan finis di Pantai Gandoria, Pariaman sdah idak ada masalah karena jalur yang akan ditempuh oleh pembalap telah diperbaiki sebelum perlombaan dimulai, menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumatera Barat Burhasman .

Tour de Singkarak memiliki rute akan melewati pemandangan yang luar biasa. Pembalap melewati pegunungan, danau, dan pantai. Masing-masing etape memiliki keindahan alam yang bisa dinikmati pembalap, ofisial dan penonton dengan melewai di 18 kabupaten dan kota di Sumatera Barat dan diikuti 24 tim dari 36 negara. Pembalap akan menempuh jarak 1.341,5 kilometer di sembilan etape sejak 3 Oktober hingga 11 Oktober 2015. "Tahun ini hadiahnya juga besar. Sekitar Rp 2,5 miliar yang akan diperebutkan oleh para peserta balap sepeda. (Novear)