Tour de Singkarak 2013 Resmi Ditabuh

Berita Utama () 26 Juni 2013 05:35:46 WIB


2

Pembukaan Tour de Singkarak 2013 dilaksanakan di kota wisata Bukittingi, tepatnya di Jam Gadang pada pukul 07.30 WIB. Acara ini dibuka dengan Tari Pasambahan sebagai wujud mengucapkan selamat datang kepada para peserta Tour de Singkarak 2013 dan para undangan dari Sumatera Barat maupun dari luar Sumatera Barat.

Selain Tari Pasambahan, banyak penampilan luar biasa lainnya seperti band performance (Purwacaraka Orchestra & Bukittinggi Big Band) serta penampilan musik perkusi dari Sanggar Seni lokal. Yang paling dinantikan adalah penampilam penyanyi Ibu Kota, yang juga berasal dari Bukittinggi, yaitu Nola B-Three. Saat Nola berada di atas panggung dan memberi sambutan kepada penonton, Nola sedikit banyak mencurahkan isi hatinya mengenai kampung halamannya yang diiringi dengan tetesan air mata karena tidak kuat menahan haru, rindu dan bangganya sebagai orang Minang yang dapat tampil di kampung halaman sendiri. Dalam curahan hatinya itu, Nola menceritakan bahwa dirinya sangat bangga bisa diundang dalam acara pembukaan Tour de Singkarak 2013 dan bernyanyi di bawah Jam Gadang,  karena terakhir kali menyanyi di bawah Jam Gadang adalah saat usianya masih 3 tahun dan sekarang saat dirinya sudah memiliki 3 orang anak, akhirnya bisa merasakan kembali suasana yang dirindukan salah satu personil B-Three tersebut

Sebagai tanda pembukaan Tour de Singkarak 2013, dilakukan pemukulan Gendang Tasa secara bersama-bersama oleh  Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Muslim Kasim, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sekaligus Executive Chairman Tour de Singkarak, Sapta Nirwandar, Presiden Amaury Sport Organization (ASO), Jean-Etienne Amaury, Walikota Bukittinggi, Ismet Amzis dan Direktur Jenderal Pemasaran Pariwisata Kemparekraf Esthy Reko Astuti, Ketua PB ISSI, Edmound JT. Simorangkir serta didampingi oleh sejumlah undangan. Setelah pemukulan gendang tersebut, panitia juga menampilkan atraksi pesta kembang api yang melengkapi semaraknya Pembukaan Tour de Singkarak 2013.