“Mempercepat Pembangun” Pengelola Mesjid Raya Sumbar Di serahkan Ke Yayasan

Berita Utama Biro Humas Sekretariat Pemerintah Provinsi Sumatera Barat(Biro Humas Sekretariat Pemerintah Provinsi Sumatera Barat) 28 Agustus 2015 01:51:19 WIB


Padang, Guna mempercepat pembangunan Mesjid Raya Sumatera Barat pemerintah provinsi merencanakan membuat yayasan dengan persetujuan DPRD Provinsi Sumbar.

“ karena mesjid raya tercatat sebagai asset pemerintah provinsi nanti kita hibahkan ke yayasan, dengan adanya yayasan yang mengelola menjamin sumber-sumber pembiayaan dan lebih fleksibel,” terang Pj Gubernur Sumbar Reydonnyzar Moenek ketika memimpin rapat percepatan pembangunan Mesjid Raya Sumbar di Auditorium Gubernuran. Kamis (27/8) kemaren.

Pembentukan yayasan serta merta dengan dewan pengawas, direksi dan sebagainya. Sedangkan untuk pembentukan yayasan kita akan melakukan rapat lengkap dengan Pimpinan DPRD, semua bupati/Wako, Ketua DPRD Kab/Kota Perguruan Tinggi, Forum Komunikasi Pimpinan daerah Sumbar, SKPD, Tokoh Masyarakat Minang, termasuk bando kanduang.

“ Sebenarnya Saya sebagai Pj Gubernur ditantang oleh Bapak Jusuf Kalla ketika datang ke Sumbar pada minggu (23/8) lalu, bagaimana pembangunan mesjid tuntas, jadi Pak Wapres punya perhatian dalam mendorong percepatan pembangunan Mesjid Raya Sumbar, “ kata Donny.

Lanjutnya, dengan keadaan sekarang progresnya masih 49 persen, jangka waktu delapan tahun. Itupun hanya mengandalkan APBD. Sekiranya terus mengandalkan APBD tentu siap juga, bisa saja siap empat tahun lagi, itupun butuh waktu lama.

Sementara kata Gubernur dalam keadaan sekarang, setiap sumbangan yang masuk tentu melalui siklus anggaran, adanya proses APBD.

Atas dasar itu timbul pemikiran kita, membentuk Yayasan, yang nantinya tentu melibatkan partisipasi masyarakat yang lebih banyak.

Kita punya pemikiran bersama dengan DPRD, Tokoh masyarakat untuk membentuk yayasan. Dengan ada yayasan semoga partisipasi masyarakat akan lebih tinggi, kita lebih fleksibel. “Kita punya komitmen bersama mempercepat pembangunan Mesjid Raya,” ucapnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Reydonnyzar Moenek akan melobi provinsi lain seperti Papua Barat, DKI, Riau apa memungkinkan ada celah dapat membantu pembangunan ini.

Menurut Gubernur, saya punya kewajiban yang tulus ikhlas membangun sumatera barat, disisa pengabdiannya di Depdagri Ia berkomitmen membantu, mendorong pembangunan sumbar termasuk Mesjid Raya, walaupun itu hanya 6 bulan.

Hadir pada kesempatan itu, Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim, Forum Komunikasi Pimpinan daerah Sumbar, Wakil Bupati Tanah Datar, Pamong Senior Rusdi Lubis, Wawako Padang Emzalmi, unsur MUI dan Perguruan Tinggi.

Gagasan membentuk Yayasan yang disampaikan Pj Gubernur, ada ide yang sangat baik sekali, sekarang bagaimana kita merangkul semua elemen masyarakat, duduk bersama dalam rangka membangun Mesjid Raya Sumbar segera cepat selesai, ujar Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim.

Kata Dia, mesjid Raya merupakan icon Sumbar, kebanggaan masyarakat kita, jadi mari kita dukung bersama-sama pembangunannya, Kita dari DPRD siap membantu.

(Humas Sumbar)