Hari Pertama Masuk Kerja Sekda Ali Asmar : PNS Yang Mangkir Diberi Sanksi

Berita Utama Biro Humas Sekretariat Pemerintah Provinsi Sumatera Barat(Biro Humas Sekretariat Pemerintah Provinsi Sumatera Barat) 22 Juli 2015 07:48:17 WIB


Padang, Pegawai Negeri Sipil yang mangkir di hari pertama masuk kerja diberikan sanksi. Kita dari pemerintah provinsi sumatera barat telah melakukan sidak melalui lintas satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Sidak di hari pertama kerja juga dilakukan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno di tiga SKPD masing-masing di Sekretariat Daerah, Dinas Pendidikan, dan Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Barat.

" kita melihat kondisi riil hari pertama masuk kerja setelah berlibur atau cuti bersama hari lebaran, kalau masih ada juga Pegawai Negeri Sipil yang tidak masuk kerja, tentu kita beri sanksi," terang Ali Asmar ketika menghadiri halal bi halal di Kantor Dinas PSDA Provinsi Sumatera Barat, Rabu (22/7).

Menurut pantauan Sekda Ali Asmar di lapangan kondisi PNS di hari pertama masuk kerja cukup mengembirakan, kalaupun memang ada yang tidak hadir itu karenakan cuti, sakit dan izin. Sedangkan ketidak hadiran seorang Pengawai tentu kita berikan sanksi sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor : 53 tahun 2010 tentang disiplin Pengawai Negeri Sipil.

Sementara itu, acara halal bi halal yang dilakukan di Dinas PSDA merupakan tradisi yang tiap tahun diadakan, dalam memupuk tali silaturrahmi antara pimpinan dan bawahan. Disamping itu Sekda juga mengingatkan jajaran Dinas PSDA Provinsi Sumatera Barat untuk memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat, tentu pelayanan yang baik dan ikhlas tercermin dari sikap kita.

Dinas PSDA merupakan dinas yang sangat strategis dalam pengelolaan sumber daya air di daerah ini. Air merupakan kebutuhan yang sangat vital bagi kehidupan manusia dan lingkungan.

" air merupakan hal yang pokok bagi kita semua, dengan air perkebunan, pertanian dan lingkungan akan menjadi subur dapat pula meningkatkan hasil pertanian masyarakat," ucap Sekda.

Hadir pada kesempatan itu, Kepala Dinas PSDA Ali Musri beserta Jajarannya, Asisten Pemerintahan Setda Provinsi Sumatera Barat Devi Kurnia, Asisten Administrasi Umum Sudirman Gani, Kepala Inspektorat Erizal, Kepala BKD Jayadisman, Kabiro Humas Irwan, Kabiro Umum Asben Hendri.

Sementara Kepala Dinas PSDA Provinsi Sumatera Barat Ali Musri menyampaikan, saat ini Dinas yang dikelolanya itu sangat kekurangan pegawai teknis (teknik Sipil). Dulu Pegawainya mencapai 426 orang, sekarang tersisa 196 saja, karena banyak yang pensiun. Sedangkan secara bobot kerja tidak sebanding, karenanya kita kerja sampai malam.

" kita membutuhkan tenaga teknis 140 orang, itupun telah kita usulkan ke provinsi sumatera barat, sedangkan untuk tenaga administrasi kita sesuaikan saja" ucap Ali Musri.

Ditambahkannya, sumatera barat yang mempunyai 333 ribu anak sungai dan juga terdapat pula danau, embung dan talago, lahannya pun cukup subur. " ketahanan air kita tidak pernah kekurangan air, kalau dibandingkan di pulau jawa sangat kritis makanya di bangun waduk-waduk. Alhamdulillah di Sumatera Barat tidak seperti itu," terang Ali Musri.

Sementara terkait dengan kualitas air di sumatera barat belum tercemar, kalau dibandingkan di sungai batang hari karena adanya penambangan emas yang dikelola oleh masyarakat.

(Humas Sumbar)