Dinas Koperasi Gelar Bazar Murah, 4 Komoditi Disubsidi

Berita Utama Biro Humas Sekretariat Pemerintah Provinsi Sumatera Barat(Biro Humas Sekretariat Pemerintah Provinsi Sumatera Barat) 30 Juni 2015 06:30:46 WIB


Padang, Guna membantu masyarakat agar memperoleh barang kebutuhan dengan harga murah jelang Idul Fitri 1436 Hijriah, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Diskop UMKM Sumatera Barat menggelar bazaar murah di halaman kantor setempat mulai tanggal 1 sampai 4 Juli 2015. Pada kegiatan tersebut, akan dikucurkan subsidi dengan total Rp 27 juta rupiah terhadap sejumlah barang kebutuhan pokok, sehingga harga jualnya bisa lebih murah dibanding harga pasar. Anggaran yang dipergunakan untuk mensubsidi bersumber dari dana APBN. Komoditi yang disubsidi yakni telur, daging sapi, beras, dan ayam potong.

“Macam-macam kebutuhan yang akan dijual di bazaar nantinya. Mulai kebutuhan pokok, makanan, hingga pakaian. Yang kita subsidi yakni telur per pak disubsidi Rp 5 ribu, daging sapi harganya disubsidi Rp 10 ribu per Kg, beras Rp 10 ribu per 5 Kg, ayam potong Rp 5 ribu per potong,” jelas Plt Kepala Diskop UMKM Sumatera Barat Zirma Yusri, di ruang kerjanya, Senin (29/06) kemaren.

Zirma menjelaskan, sesuai dengan ketersediaan tempat, bazaar diperkirakan akan diramaikan 150 pedagang yang merupakan pelaku usaha kecil binaan Diskop. Menurut Zirma, melalui bazaar dimaksud, para pelaku usaha kecil tidak hanya berkesempatan mendapat keuntungan dari produk yang dijualnya, melainkan juga bisa mempromosikan produknya ke masyarakat luas.

“Ini kegiatan sudah rutin. Memang ditunggu-tunggu. Pelaku usaha yang mendaftar dan berminat berjualan sudah mencapai 200 orang, sedangkan kuota kita hanya 150. Kita terpaksa seleksi sesuai dengan barang yang dijual dan kemungkinan lakunya,” paparnya.

Zirma menambahkan, kegiatan bazaar rutin yang akan digelar selama 4 hari, rencananya dibuka oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno. Bazaar dibuka untuk umum, khususnya bagi masyarakat berekonomi menengah ke bawah.