Satpol PP Laksanakan Tugas Secara Profesional

Berita Utama () 16 April 2015 08:47:40 WIB


Sawahlunto, Peringatan HUT Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke-65 dan Kesatuan Perlindungan Masyarakat ke-53 tahun 2015, tingkat Provinsi Sumatera Barat di laksanakan di lapangan Utama Ombilin Kota Sawahlunto, Selasa (14/4) kemaren. Hadir dalam kesempatan itu Ketua DPRD Sumbar di wakili Sulthani, Forkopinda, Walikota Ali Yusuf, Bupati Yuswir Arifin, Wawako Bukittinggi Ismed, Kepala Satpol PP Sumbar dan jajaran, Kepala Satpol PP se- Sumbar, kepala SKPD dilingkungan Pemko Sawahlunto.

Gubernur disela sela acara menyampaikan, Satpol PP memiliki peran strategis dalam pelaksanaan pemerintahan di daerah sesuai dengan UU no 23/2014 tentang Pemerintah Daerah dengan urusan ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat dalam urusan pemerintahan wajib pelayanan dasar. Satpol PP memiliki konsekwensi logis agar profesional dalam menangani tugas sesuai dengan SOPnya.

Secara filosofi keberadaan Satpol PP merupakan tangan kanan kepala daerah, karena itu setiap upaya pembangunan di daerah mustahil terlaksana apabila tertib dan ketentraman belum tercapai.

"Kita menyadari semangat kerja Satpol PP bisa menjadi bumerang ketika didukung dengan profesionalitas. Hal ini tentunya disebabkan hanya mengutamakan kerja, tanpa didukung dengan kerja cermat dan kerja cerdas". Ucap IP.

Lebih lanjut disampaikan, kementerian dalam negeri mendorong profesionalisme Polisi Pamong Praja melalui jabatan fungsional berdasarkan Permen PAN dan RB nomor 4 tahun 2014 tentang Fungsional Polisi Pamong Praja dan Angka Kredit, ungkapnya.

Gubernur Irwan Prayitno menambahkan, kewibawaan Satpol PP bukan pada ukuran pakaian dan atributnya, melainkan dari konsistensinya menegakkan aturan secara profesional.

Profesional tugas Satpol PP tidak mungkin diwujudkan tanpa dukungan dengan sarana dan prasarana yang memadai. Untuk itu sesuai arahan Mendagri agar Bupati/Walikota memperhatikan semua ini agar Satpol PP dapat optimal menjalankan peran, fungsi dan tugasnya secara profesional dan lebih baik lagi dimasa datang.

Dalam kesempatan tersebut Walikota Ali Yusuf menyampaikan, kota Sawahlunto siap menyelenggarakan berbagai event dan acara tingkat provinsi, regional, nasional maupun internasional, sebagai ujud Kota Sawahlunto ini Kota Wisata Tambang yang berbudaya.

Saat ini ucap IP kita telah menegaskan pengembangan pariwisata di setiap kecamatan sesuai dengan potensi dan budaya yang ada di tengah-tengah masyarakatnya. Oleh karena itu Sawahlunto siap selalu menyambut kunjungan wisatawan baik lokal, maupun mancanegara. himbaunya.

Pada HUT Satpol PP ini, Gubernur Irwan Prayitno menyerahkan piagam penghargaan kepada para petugas Satpol PP yang berprestasi baik di provinsi maupun kabupaten dan kota.

( Humas Sumbar )