SATPOL PP MENGAWASI TRADISI BALIMAU

Berita Utama Admin Satpol PP(Satuan Polisi Pamong Praja) 29 Juni 2014 07:43:48 WIB


Satpol PP Sumbar – Padang, Tradisi Balimau yang berkembang dikalangan masyarakat Minang Kabau yang diwariskan secara turun menurun telah berlangsung selama berabad – abad yang silam, balimau dilaksanakan pada waktu sebelum memasuki bulan Ramadhan dengan niat menyucikan diri dengan menggunakan jeruk nipis sebelum menjalankan ibadah puasa.

Untuk daerah Kota Padang banyaknya tempat – tempat untuk balimau khususnya Lubuk Minturun yang setiap tahunnya membludak oleh masyarakat Padang yang ingin balimau, untuk itu perlu dilakukan pengamanann dan antisipasi kemungkinan terjadi seperti antrian kendaraan yang masuk kelokasi pemandian dan musibah bencana lonsor atau air pasang sehingga banyak memakan korban dikarenakan beberapa hari belakangan sering terjadi cuaca ekstrim.

Pada kesempatan itu Kepala Satpol PP Provinsi Sumatera Barat (Ir. H. Edi Aradial, MBA), menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada, terutama diingatkan kepada orang tua agar tetap menjaga anak – anaknya dan untuk anggota Satpol PP yang kami tugaskan agar siap dan tetap waspada dan jangan lengah dalam menjalankan tugas.

Kasatpol PP Provinsi Sumatera Barat menugaskan personilnya sebanyak 20 orang dan bergabung dengan Satpol PP Kota Padang yang berjumlah 125 orang personil sekaligus bekerjasama dengan pihak Kepolisian, TNI, BPBD dan masyarakat sekitarnya untuk memantau keamanan lokasi pemandian lubuk minturun  

Mulai pukul 15.00 WIB Jumat (28/6 ) ratusan masyarakat yang berada di Kota Padang sudah mulai berdatangan tempat pemandian, salah seorang pengujung yang kami tanyai, mengatakan bahwa balimau di Lubuk Minturun ini adalah tempat yang paling tepat bagi keluarga kami, selain dekat, disini ramai dengan anak-anak, airpun bersih dan mengalir. Apalagi dijaga oleh Aparat Satpol PP kamipun merasa senang.