PRESTASI BUTUH PEMBINAAN BERJENJANG YANG BERKELANJUTAN

Berita Utama () 26 Agustus 2014 02:56:47 WIB


 PADANG,...Prestasi olahraga hanya dapat diraih apa bila pembinaan dilakukan berjenjang dan berkelanjutan dari usia dini, tingkat SD, SMP/ MTs, dan SMA/ MA/ SMK atau Club olahraga Pelajar, kata penanggung jawab kegiatan Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Astronel, SE, yang mewakili Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Barat pada pembukaan kegiatan Pelatihan bagi Pelatih Usia Dini Senin malam 25/ 8/ 2014 di ( PHI ) Asrama Haji lama jalan Rasuna Said No 71 Padang.

Lebih lanjut Astronel menyampaikan, program latihan yang terukur, terstruktur dan memanfaatkan teknologi olahraga juga menjadi hal penting dalam menunjang pembinaan tersebut. Selain itu kompetisi yang terjadwal guna mengevaluasi hasil latihan dari program latihan yang telah dirancang, merupakan hal yang tidak bisa dilepaskan untuk menghasilkan atlet- atlet berbakat, yang akan dibina kearah lebih tinggi melalui Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar ( PPLP ), SMA Raguna dan PRIMA Pratama.

Dengan adanya kegiatan pelatihan usia dini ini lanjut Astronel, merupakan angin segar bagi kemajuan olahraga Tuah Sakato, untuk itu para pelatih yang mengikuti kegiatan ini agar lebih tekun mengikuti setiap arahan yang disampaikan para narasumber yang merupakan orang- orang matang diolahraga.

“Kita berharap para pelatih yang mengikuti pelatihan agar dapat menyerap ilmu yang disampaikan para prof- prof olahraga tersebut, sehingga ilmu yang diperoleh itu dapat disalurkan pada atlet- atlet usia dini yang dibina,’’ tutur Astronel.

Panitia pelaksana Kepala Seksi Tenaga Keolahragaan Drs. Admondantes menerangkan, kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 25 sampai 29 Agustus, dan diikuti 30 orang berasal dari guru olahraga tingkat sekolah dasar dari Kabupaten dan Kota se- Sumatera Barat.

Sementara narasumber berasal dari Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Barat, Fakultas Ilmu Keolahragaan ( FIK ) UNP Padang, dan Praktisi Olahraga. Untuk materinya antara lain, Kebijakan Dispora Sumbar, Program Peningkatan Prestasi Olahraga Sumbar, Praktek Kepelatihan dan Manajemen Keolahragaan UNP, Keterampilan Motorik dan Kompetensi Gerak, Cidera Olahraga dan Psikologi Olahraga,’’ terangnya.

Pembukaan kegiatan yang merupakan program Kementrian Pemuda dan Olahraga ( Kemenpora ) RI ini juga dihadiri Kabid Pembudayaan Olahraga Drs. Rafli Effendi, M.Pd, Kasi Pendidikan Olahraga Elvis Martin, S.Pd, dan pejabat Dispora Sumatera Barat lainnya. ( M )