GUBERNUR BUKA PENDIDIKAN KADER ULAMA MUI SUMBAR

Berita Utama () 08 Desember 2014 08:33:52 WIB


Padang,---Peran para Ulama dan Da'i dalam kehidupan sehari-hari untuk menjadikan masyarakat bertaqwa dan beriman sangatlah besar, tanpa mengabaikan pula peran Pemerintah.  Seperti yang dikatakan oleh seorang khalifah, semakin sedikit orang yang berdakwah, maka akan semakin banyak pula masalah yang akan ditimbulkan, hal ini disampaikan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno ketika membuka Pendidikan Kader Ulama MUI Sumbar pada sabtu (6/12) di Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial Regional I Sumatera, Kecamatan Pauh, Padang

Harapnya, kegiatan seperti akan terus ditingkatkan dan diperbanyak untuk mencetak para da'i dan ulama guna meningkatkan kualitas serta kemampuan bagi para da'i dan ulama tersebut, sehingga akan mampu memberikan dampak yang positif kepada masyarakat, keluarganya dan juga diri sendiri.

“banyaknya berbagai kasus-kasus, seperti pembunuhan, perceraian, pencabulan, kekerasan dan lain-lainnya, ini disebabkan oleh orang-orang tersebut jauh dari iman dan agama, karena iman dan agama adalah benteng bagi setiap orang dalam menjalani kehidupan sehari-hari, dan mampu menuntun orang pada jalan yang benar.” Ungkap Irwan Prayitno.

Ikut hadir pada kesempatan itu Ka.Kanwil Kemenag Sumbar yang diwakili, Ketua MUI Sumbar Syamsul Bahri Khatib dan Kepala Biro Bina Sosial Setda Prov. Sumbar Syahrir.

Sementara pada kesempatan yang sama Ketua MUI Sumbar Syamsul Bahri Khatib memberi apresiasi kepada pemerintah provinsi sumbar atas dukungan dan perhatian yang besar yang telah diberikan, baik dari sisi dana dan sarana.

Dikatakan, MUI merupakan mitra pemerintah dalam meningkatkan dan mewujudkan aqidah dan akhlak bagi warga yang beragama Islam.

Untuk itu katanya, kegiatan ini sangatlah perlu dan penting karena akan meningkatkan keilmuan kepada kader-kader yang sudah memiliki ilmu atau dengan kata lain memperbahurui dan menambah ilmunya, sesuai dengan tema "mempersiapkan ulama yang ber-tafaqquh fi al-din dan berwawasan luas".

 

 

Dalam laporan ketua panitia pelaksana kegiatan Dasrizal Dahlan menyampaikan bahwa  pendidikan kader ini di ikuti oleh 50 orang, yang terdiri dari utusan MUI Indonesia 6 orang, utusan MUI Kab/Kota se-sumbar 38 orang dan utusan dari Ormas Agama sebanyak 6 orang. Kegiatan akan berlangsung dari tanggal 6 sampai dengan Desember 2014.

Sedangkan nara sumber pada kegiatan ini adalah ulama-ulama dan Guru-Guru besar, salah satunya H. Edi Safri yang juga sebagai Guru besar Hadist/Ilmu Hadist Fak. Ushuluddin IAIN Imam Bonjol Padang serta Sekretaris Umum MUI Sumbar.

 

 

 

(HUMAS SUMBAR)