KEJURDA GULAT 2014, KEKUATAN ATLET MERATA

Berita Utama () 26 Mei 2014 14:27:40 WIB


  PADANG,...Kejuaraan Daerah ( Kejurda ) Gulat 2014 antar kabuapten dan Kota Se Sumatera Barat yang diprakasai Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Seksi Olahraga Prestasi Dinas Pemuda dan Olahraga ( Dispora ) Provinsi Sumatera Barat bekerjasama dengan Pengprov Persatuan Gulat Seluruh Indonesia ( PGSI ) Sumbar yang dibentang dari 23- 25 Mei, memperlihatkan kekuatan atlet cukup merata, terbukti pada hari pertama pertandingan di 5 kelas gaya Grego, lima daerah berbagi Emas.

Untuk kelas 51 kg putera, medali Emas diraih Hendra Tua ( Bukittinggi ), Perak Sandi Pratama ( Padang ), perunggu Ade Indra ( Kota Pariaman ), dan Jeprial Naldo, pada kelas 66 kg, Emas di peroleh Safri Satria Patman ( Kag, Solok ), Perak Angga Purnomo. W ( Bukittinggi ), Perunggu Rendi Ilham ( Kota Solok ), dan Afriadi ( Padang ), kelas 74 kg, Emas direbut M. Agus Saputra ( kab. Solok ), Perak Alwin Efendi ( padang ), Perunggu Abdul Rahim ( Pasaman ), serta Alde Ilham ( Agam ).

Sementara pada kelas 55 kg puteri, medali Emas oleh Mardiatul Anggraini ( Padang ), Perak Tri Wike Alnora ( Kota Pariaman ), Perunggu Delvita ( Kab. Solok ), dan Heti Catur ( Kota Solok ), Untuk kelas 59 dikantongi Nella Dufer ( Dharmasraya ), Perak Nur Annisa ( Bukittinggi ), dan perunggu oleh Yulda Risma ( Kota Solok ).

Sebelumnya Kadispora Sumbar H. Priadi Syukur, SH yang membuka secara resmi kejurda itu Kamis 24/ 5 di Gedung Bela Diri Gor Haji Agusalim Padang menyatakan, Konsisten dan sportifitas adalah kunci bagi atlet, pelatih dan panitia untuk menentukan prestasi.

“ Kita berharap dari kejurda ini akan lahir penentu prestasi tersebut, baik atlet, pelatih dan panitia sendiri,’’ kata Priadi Syukur.

Sedangkan Sekum PGSI Sumbar, Ediswal menyatakan rasa terima kasih dan sekaligus mengapresiasi atas kepedulian pemerintah ( Dispora-red ) pada kemajuan olahraga kususnya cabang Gulat, dengan kebijakannnya menggelar Kejurda hari ini.

Terus terang tanpa kejuaraan tidak akan bisa melahirkan prestasi, karena dikejuaraan itulah seorang atlet dapat mengukur kemampuan yang dimiliki selama latihan, ‘’tambahnya.

“ Dengan perhatian yang diberikan pemerintah ( Dispora ) ini, PGSI akan terus berupaya memajukan Gulat untuk mempersembahkan prestasi bagi olahraga Tuah Sakato,’’ urai Ediswal.

Panitia Pelaksana Kasi Olahraga Pendidikan Dispora Sumbar, Rasydi Sumetry menerangkan, kuota yang disediakan bagi peserta pada kejurda Gulat 2014 ini sebanyak 75 orang, namun dari catatan panitia berjumlah 100 orang dari 16 Kabupaten/ Kota se Sumatera Barat, min Kabupaten Solok Selatan, Mentawai dan Kota payakumbuh.

Sementara untuk pertandingan dibagi 10 kelas dengan rincian, gaya bebas putera kelas, 48 kg, 51 kg, 55 kg, dan 60 dengan kategori umur 16 sampai 18 Tahun, gaya bebas puteri kelas 48 kg, 55 kg, dan 59 kg, umur maxsimal 20 Tahun, serta Gaya Grego kelas 51 kg, 66 kg, dan 70 kg, dengan umur 19 sampai 24 Tahun.

“ bagi juara akan diberi tabanas, medali dan sertifikat,’’ terang Rasydi Sumetry. ( M )