PIDATO ADAT II ” PASAMBAHAN MAKAN “ DIGELAR

Berita Utama () 26 Mei 2014 14:17:23 WIB


  BATUSANGKAR,...Gubernur diwakili asisten III Setda Provinsi Sumbar Sudirman Gani, didampingi Bupati Tanah Datar, M. Sadiq Pasadigoe dan Kadispora Sumbar H. Priadi Syukur serta Sekretaris Umum LKAAM sumbar Samsir, secara resmi buka lomba Pidato Adat bagi pemuda ( Osis ) SLTA antar kabupaten dan Kota se Sumatera Barat Juma’at 23/ 5 di istano Basa Pagaruyung Batusangkar Kabupaten Tanah Datar.

Dalam sambutannya Sudirman Gani menyatakan, pemerintah Kabupaten Tanah Datar pantas diapresiasi atas kesediannya menjadi tuan rumah, karena secara kasad mata kegiatan pidato Adat ini merupakan salah satu bentuk mengaplikasikan Adat Basandi Sarak ( ABS )- Sarak Basandi Kitabullah ( SBK ). Dengan adanya kegiatan seperti ini kita yakin adat ( Budaya ) Minang Kabau akan terus hidup ditengah-tengah masyarakatnya sendiri.

Terus terang pada saat ini sudah banyak masyarakat Minang Kabau yang tidak pandai dalam berpidato Adat, patatah petitih dan hal-hal lain yang menyangkut musyawarah seperti yang dilakukan nenek moyangnya dulu. “ kalau dulu orang Minang untuk makan saja melakukan musyawarah terlebih dahulu,’’ katanya mencontohkan.

Dikatakan juga, agar kegiatan ini dapat membumi dan mempunyai gezah di Kabupaten/ Kota yang ada di Sumatera Barat, untuk pelaksanaanya agar melakukan seleksi peserta didaerah masing- masing, bagi pemenang itulah yang mewakili daerahnya ketingkat Provinsi.

“ Kita berharap dari kegiatan ini akan banyak lahir orang- orang yang menguasai adat dan cara berpatatah petitih seperti orang Minang sebenarnya, sehingga adat ( Budaya ) minang itu akan tetap hidup sampai nantinya,’’ ucap Sudirman Gani.

Bupati Tanah Datar Sadiq Pasadigoe mengatakan, pemerintah Tanah Datar akan selalu siap menjadi tuan rumah kegiatan pidato Adat Minang ini, sebab kegiatan ini juga sangat berkaitan dengan yang dimandatkan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno sebagai daerah pengembangan Adat ( Budaya ) Minang Kabau.

“ kita akui kegiatan ini sendiri juga berdampak positif pada pemasukan daerah disektor wisata,’’ urainya.

Panitia pelaksana Kabid Pemberdayaan Pemuda Edwarsyah Ramli menerangkan, Pidato Adat yang mengangkat tema “ Pasambahan Makan “ ini merupakan kegiatan tahun ke II yang dilaksanakan Bidang Pemberdayaan Pemuda, Seksi Peningkatan Wawasan dan Kreatifitas Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga ( Dispora ) Sumbar, bekerja sama dengan LKAAM Sumbar serta pemerintah Kabupaten Tanah Datar yang dilaksanakan dari tanggal 22 sampai 25 Mei.

Untuk tahun 2014 ini peserta berjumlah 95 orang, yang terbagi dalam 19 tim, tiap timnya berjumlah 5 orang. Sementara juri berasal dari LKAAM dan unsur- unsur terkait di Provinsi sumatera Barat.

“ sedangkan penilaian akan ditinjau dari segala aspek, dan masing- masing tim akan tampil maksimal 30 menit, bagi tim juara I akan diberi Tabanas Rp 3,5 juta dan piagam, peringkat II Rp 3 juta, III Rp 2,5 juta serta harapan I Rp 2 juta dan harapan II Rp 1, 5 juta,’’ terang Edwarsyah Ramli.( M )