PEMUDA PAGA NAGARI ‘’ PENENTU MASA DEPAN BANGSA ’’

Artikel () 13 September 2013 09:56:13 WIB


Disumatra Barat ( Minang Kabau ) pemuda merupakan paga bagi nagari kalau kita artikan ke bahasa Indonesia paga sama dengan pagar dan nagari artinya Negri, bila kita maknai guna dari pagar itu adalah sebagai pelindung yang dipagarnya dari bahaya, dan orang Minang akan maambiak tuah ka nan manang, maambiak contoh ka nan sudah, dengan kata lain pemuda hendaklah berkaca ke masa lalu, karena ?.

Pemuda adalah harapan Bangsa,, pemuda merupakan penentu masa depan sebuah bangsa, tidak dapat dipungkiri bahwa setiap perubahan dan setiap episode sejarah bangsa ini, pemuda menjadi elemen sangat besar kontribusinya, sejarah mencatat bahwa proses kemerdekaan Indonesia, dari masa kemerdekaan, sampai sesudah kemerdekaan, semuanya tidak lepas dari peran pemuda, pemuda senantiasa ada di lini terdepan dalam sejarah bangsa, seperti Kebangkitan Nasional 1908, Sumpah pemuda 1928, proklamasi 17 agustus 1945, Perlawanan ‘Arek arek’ Surabaya terhadap sekutu, peristiwa 10 november, bandung lautan api ,Orde Lama ( ORLA ) ke Orde Baru ( ORBA ) dan terakhir ORBA ke Orde Reformasi (1998).


Saking berharga dan pentingnya Pemuda, sang proklamator Bung Karno pernah mengucapkan retorika yang sangat luar biasa, 
“Berikan aku 10 orang pemuda, akan aku pindahkan gunung semeru dan berikan aku 100 orang pemuda maka aku akan dapat mengguncang dunia”. Kalimat itu beliau ucapkan untuk memompa semangat dan heroisme pelajar, mahasiswa dan kaum muda Indonesia untuk membangun bangsa ini pada era kemerdekaan.

Ada sebuah uraian yg menarik untuk kita simak, ( Make a History or Become a History ), 
Kita bisa bangkit dan bersama membuat sejarah namun kita juga bisa diam dan hanya menjadi sejarah. Pilihan ada di tangan kita wahai pemuda. Maka bangkitlah! singsingkan lengan baju kalian, dan tingkatkanlah potensi kalian dan jadilah Pemuda Pilihan, tidak ada yang menghalangi kalian bersenang senang, namun jangan biarkan kesenangan itu menenggelamkanmu dari tugas muliamu, Buatlah sejarah seperti pendahulu mu, pendahulu yang namanya tetap harum meski mereka telah tiada, dan yang menjadi panutan meski kita tidak pernah berjumpa dengannya.

Tidak salah kiranya Gubernur Kita Irwan Prayitno semasa duduk di DPR RI turut memperjuangkan dibentuknya UU Republik Indonesia No 40, Tahun 2009 yang mengatur tentang kepemuda yang berjumlah XVI BAB, dan pada ketentuan umum dalam undang-undang ini menyatakan diantaranya, Pemuda adalah warga Negara Indonesia yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 16 sampai 30 tahun, kepemudaan adalah berbagai hal yang berkaitan dengaan potensi, tanggung jawab, hak, karakter, kapasitas, aktualisasi diri, dan cita-cita pemudan, serta pembangunan kepemudaan adalah proses memfasilitasi segala hal yang berkaitan dengan kepemudaan serta banyak lagi hal-hal mengenaai kepemudaan yang ada dalam UU tersebut, dan tidak salah juga kita memberi aplus kepada beliau, karena dimasa beliau juga sebagai Gubernur Sumatra Barat Dinas Pemuda dan Olahraga dilahirkan.

Harus kita akui selama kegiatan yang berkaitan dengan pemuda, Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno selalu antusias untuk mengikutinya, salah satunya seperti pada upacara hari sumpah pemuda 28 Oktober tahun 2012 lalu, Irwan Prayitno hadir sebagai Pembina upacara, dan pada hari itu beliau juga menyerahkan air dan tanah dari Sumatra Barat kepada perwakilan Komite Nasional Pemuda Indonesia ( KNPI ) Pusat untuk pembangunan monumen Nasional Pemuda, yang bahan bakunya secara simbolis berasal dari air dan tanah dari provinsi yang ada di Republik Indonesia, untuk itu sebagai pemuda Sumatra Barat patutlah kita berbangga memiliki pemimpin seperti Irwan Prayitno karena begitu besar perhatiannya pada pemuda. ( Mulyadi )

                                                               BY HUMAS DISPORA SUMBAR