OLAHRAGA DAN SARANA PRASARANA, BAGAI DUA SISI MATA UANG

Berita Utama () 12 Mei 2014 11:16:53 WIB


  PADANG,…Dinas Pemuda dan Olahraga ( Dispora ) sebagai wakil pemerintah Provinsi yang membeck up Olahraga, mulai atlet sampai sarana prasarana di Kabupaten dan Kota se Sumatera Barat, selalu berperan aktif memantau apa yang dimiliki dan sekaligus memberi solusi apa yang dibutuhkannya.

Salah satu ujud dari itu, Rabu 7/5 lalu Kadispora Sumbar diwakili Sekretaris Adib Alfikri, SE, M.Si, secara langsung mendampingi Bupati Kabupaten Dharmasraya Adi Gunawan beserta rombongan menemui Menteri Pemuda dan Olahraga ( Menpora ) RI Roy Suryo untuk melakukan audiensi.

Menurutnya, audiensi yang dilakukan itu lebih menitik beratkan pada diskusi dan solusi atas sarana prasarana olahraga yang dibutuhkan Sumatera Barat khususnya Kabupaten Dharmasraya yang akhir tahun 2014 akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi ( Porprov ), ajang olahraga terbesar Ranah Minang 2 tahunan ini.

Memang audiensi itu sendiri, sangat perlu dilakukan dengan kata lain bukan sekedar gagah- gagahan bertemu dengan menteri, tetapi lebih dari itu kejayaan olahraga memang membutuhkan tindakan dan lobi, bukan wacana saja,’’ lanjut Adib Alfikri.

Adib juga mengibaratkan, olahraga dan sarana prasarana itu bagai dua sisi mata uang, berdempet tidak dapat dipisah satu sama lain, meski berdempet keduanya harus dipandang secara bersama tidak satu sisi saja, sehingga sisi yang lain tidak terlupakan. Tidak dipungkiri prestasi olahraga salah satunya memang harus didukung oleh sarana prasarana, dan untuk mewujudkannya butuh lobi serta usaha dari kita ( daerah ) sendiri dalam mencari penyokong financial baik dari pemerintah maupun swasta.

Untuk itu kita ( Dispora Sumbar ) sebagai fasilitator sangat mengapresiasi inisiatif yang dilakukan pemerintah Kabupaten Dharmasraya dalam melengkapi sarana prasarana olahraganya, karena itu kabupaten dan kota lain agar dapat mencontoh apa yang diperbuat daerah yang baru dimekarkan ini .

“ kita berharap Kabupaten dan Kota lain dapat mengikuti jejak Dharmasraya dalam melakukan audiensi dengan pemerintah pusat ( Kemenpora ) RI, sebagai bentuk usaha melengkapi sarana prasarana olahraganya, dan kita ( Dispora Sumbar ) akan selalu siap memfasilitasi pertemuan tanpa membedakan satu sama lainnya,’’ ujar Adib Alfikri .   ( M )