Perkuat Kompetensi Humas di Era Digital, Pemprov Sumbar Dukung Kerja Sama UNAND dan Perhumas

Perkuat Kompetensi Humas di Era Digital, Pemprov Sumbar Dukung Kerja Sama UNAND dan Perhumas

Berita Utama Havina Mirsya \'afra, S. Sos.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 12 Oktober 2024 20:40:39 WIB


Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) mendukung kerja sama yang terjalin antara Universitas Andalas (Unand) dan Perhimpunan Humas (Perhumas) Indonesia. Kerja sama ini tercipta melalui kegiatan penandatangan nota kesepahaman antara Unand dan Perhumas di Kampus Unand. Plt. Gubernur Sumbar yang diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) menyatakan kerja sama ini akan menjadi tantangan bagi Pemprov Sumbar untuk menciptakan situasi komunikasi publik yang kondusif.

“Kami pemerintah provinsi sangat mendukung dan semoga ini menjadi langkah baik untuk menciptakan suasana yang kondusif dalam komunikasi publik. Mudah-mudahan ini ada tindaklanjut selanjutnya,” ungkap Siti Aisyah, Kepala Diskominfotik Sumbar, Sabtu (12/10/2024).

Siti Aisyah juga menekankan pentingnya kompetensi seorang humas agar mampu beradaptasi dengan cepat dan memiliki skill dalam pemanfaatan teknologi. Berkembangnya artifical intelligence (AI) dan data analytics saat ini dapat dimanfaatkan dengan baik, terutama dalam dunia kehumasan. Jenis teknologi terbaru tersebut dapat dimanfaatkan dalam membantu menetapkan isu-isu strategis komunikasi publik.

“Penggunaan AI, penggunaan data analytics itu sangat diperlukan untuk kita memetakan isu strategis dalam rangka komunikasi publik,” ujar Siti Aisyah.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor 4 Unand, Henmaidi, menjelaskan pentingnya peran humas dalam menjaga citra organisasi. Terlebih dengan situasi saat ini dimana berita buruk dapat menyebar dengan cepat. Dalam kondisi tersebut, humas harus mampu menyeimbangkan situasi agar masyarakat mendapatkan informasi yang seimbang.

“Bagi instansi, ketika ada berita buruk muncul terkait organisasi, itu luar biasa menyebarnya di dunia digital ini. Jadi disitulah semakin penting peran humas dalam menyeimbangkan berita-berita itu, supaya publik mendapatkan informasi yang berimbang, tidak lagi informasi yang asimetri,” jelas Henmaidi.

Dalam kegiatan ini juga digelar pelantikan pengurus Badan Perhumas Cabang (BPC) Padang oleh Ketua Umum Perhumas Indonesia, Boy Kelana Soebroto. Keberadaan Perhumas menurut Boy bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas profesi humas.

“Kami selalu mempunyai visi yang sama, bagaimana untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas profesi humas di seluruh Indonesia,” tutur Boy.

Selain penandantanganan nota kesepahaman dan pelantikan pengurus BPC Padang, juga diselenggarakan kuliah umum terkait pemanfaatan AI dalam kegiatan humas. Selain dihadiri oleh Pemprov Sumbar, pihak Unand dan Perhumas, kegiatan ini juga dihadiri oleh perwakilan Pj. Walikota Padang, perwakilan Diskominfo Padang, dan mahasiswa ilmu komunikasi di Kota Padang. (hm/Diskominfotik Sumbar)