Wujudkan Peningkatan Ekonomi UMKM Melalui Promosi Digital, Peserta PKN II Sumbar Visitasi ke Kota Serang

Wujudkan Peningkatan Ekonomi UMKM Melalui Promosi Digital, Peserta PKN II Sumbar Visitasi ke Kota Serang

Berita Utama Dedi Oscar Adams, M.I.Kom.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 02 Oktober 2024 14:47:10 WIB


Transformasi bisnis dari konsep tradisional kemudian berubah ke arah teknologi, merupakan langkah yang tepat bagi perkembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) saat ini. Khususnya dalam meningkatkan promosikan serta penjualan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi seperti media sosial dan platform online shop menjadi suatu keniscayaan.

Hal itu menjadi topik diskusi dengan tema pemanfaatan promosi berbasis digital untuk peningkatan ekonomi UMKM, saat 15 peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) II Angkatan XXXII Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melaksanakan visitasi Kepemimpinan Nasional (VKN) di Aula Sekretariat Daerah Kota Serang, Provinsi Banten, Selasa (01/10/2024).

Rombongan yang dipimpin Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum dan Pemerintahan Pemprov Sumbar, Jasman, diterima oleh Pj Walikota Serang, Nanang Saefudin, didampingi Plh. Sekdako Serang Imam Rana Hardiana, Kepala BKPSDM Serang, Karsono, serta sejumlah kepala organisasi perangkat daerah.

Jasman mengpresiasi Pemkot Serang yang telah menerima rombongan VKN II dan menyampaikan alasan memilih Kota Serang sebagai tujuan VKN karena Kota Serang disebut telah lebih dulu melakukan transformasi pelayanan publik dan UMKM yang berbasis digital.

"Di Sumbar UMKM banyak tapi belum banyak yang terdigitalisasi. Kami melihat Serang terbaik dalam transformasi digital dan strategi digitalisasi UMKM. Mudah-mudahaan apa yang kita dapat bisa kita aplikasikan sebagai satu gerakan perubahan di Sumbar,"ungkap Jasman.

Plh. Sekda Kota Serang Imam menyebut, saat ini Kota Serang memang sedang fokus pada smartcity dan terus diejawantahkan pada digitalisasi berbagai sektor, terutama UMKM. 

"Upaya kami itu tak terlepas dari kekurangan dan hambatan, khususnya SDM, infrastruktur digital dan anggaran. Namun dengan keterbatasan itu kami berusaha maksimalkan dengan integrasi diantaranya upaya peningkatan UMKM melalui promosi digital, kolaborasi dinas kominfo dengan dinas koperasi dan UKM,"ujar Imam.

Dalam visitasi ke Kota Serang, rombongan juga meninjau langsung kondisi beberapa usaha mikro dan usaha kecil yang telah bertransformasi ke promosi digital di Kota Serang, diantaranya UMKM di Pasar Lama.

Para peserta VKN sangat antusias menanyakan berbagai tips dan strategi Diskop UKM Perindag Kota Serang dalam peningkatan digitalisasi promosi UMKM.

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perindag Kota Serang Wahyu Nurjamil, menjelaskan beberapa strategi digitalisasi yang dilakukan diantaranya berupa aktivasi media sosial guna promosi produk UMKM melalui konten-konten menarik, dan melibatkan influencer lokal hingga membantu kemasan produk.

"Selain kita fasilitasi perizinan, kualitas produk, sertifikasi halal, hingga kemasan, kita juga memfasilitasi pembuatan konten produk UMKM berkolaborasi dengan diskominfo," kata Wahyu.

Selain itu pihaknya lanjut Wahyu juga menerapkan pembayaran retribusi menggunakan barcode, sehingga mampu menekan pungli dan bisa menambah PAD Kota Serang yang sebelumnya hanya Rp700-an juta, naik menjadi Rp2,5 miliar lebih.

Sementara itu, Kadis Kominfo Kota Serang Arif Rahman memaparkan pemanfaatan TIK untuk promosi UMKM, Kominfo Kota Serang berperan dalam menyediakan infrastruktur diantaranya aplikasi promosi produk apapun di Kota Serang, Gelati, dan media luar ruang videotron.(doa/Diskominfotik Sumbar)