Promosikan Keragaman Adat Indonesia, Para Raja Nusantara Gelar Orasi dan Diskusi Kebudayaan

Promosikan Keragaman Adat Indonesia, Para Raja Nusantara Gelar Orasi dan Diskusi Kebudayaan

Berita Utama Satria Oki Sanjaya, S.I.Kom.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 06 September 2024 13:58:15 WIB


Para Raja Nusantara berkumpul dalam Orasi dan diskusi kebudayaan yang diadakan oleh Masyarakat Adat Nusantara (MATRA) berkolaborasi dengan Universitas Andalas (Unand) pada Kamis, (09/05/2024) di Convention Hall Universitas Andalas. Acara ini merupakan salah satu dari rangkaian acara Festival Adat Budaya Nusantara (FABN) III di Sumatera Barat (Sumbar). 

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Masyarakat Adat Nusantara (MATRA), Andi Bau Malik Barammamase, SH Karaenta Tukkajannangngang Satrio Sasmito, Mengucapkan terima kasih dan rasa bangga Acara Festival Adat Budaya Nusantara (FABN) III Dapat terlaksana di Sumatera Barat ( Sumbar ), dan Matra dapat bekerja sama dengan universitas andalas dalam seminar budaya.

“Ketua umum merasa bangga Matra bisa bekerja sama dengan universitas andalas Sumatera barat ini untuk mengadakan seminar budaya” ungkap Ketua Umum DPP MATRA ini.

Acara seminar budaya ini Resmi dibuka oleh Rektor Universitas Andalas dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Universitas  Aidinil Zetra. Dalam sambutan nya Aidinil Menyampaikan Rasa Bersyukur dan menyambut dengan hangat peserta Festival Adat Budaya Nusantara (FABN) III Di Universitas Andalas.

“Kami Sungguh Bersyukur dan menyambut dengan hangat kehadiran raja-raja, sultan-sultan, datuk, pelingsir, pemangku adat, niniak mamak, alim ulama, cadiak pandai pada hari ini di Universitas Andalas”  ucap Aidinil.

Sebelumnya, Ketua Pelaksana FABN, Yang Mulia Kanjeng Pangeran Haryo Haji Sultan Muhammad Yusuf Tuanku Mudo Rajo Disambah Aditya Diningrat, juga menyampaikan hal senada. Ia mengapresiasi Unand telah mengadakan acara ini dan menjadikan salah satu rangkaian acara Dies Natalis Universitas Andalas Ke 68.

“Apresiasi kami dari Matra yang sangat tinggi dan terima kasih Kepada Universitas Andalas dapat berkolaborasi dengan Matra, Bahkan Agenda ini ditetapkan sebagai salah satu rangkaian acara Dies Natalis Universitas Andalas Padang tahun 2024 ”  tutur Muhammad Yusuf 

Selanjutnya Acara di lanjutkan dengan Orasi dan Diskusi kebudayaan Bersama 3 narasumber yaitu, Putu Agung Anak Agung Suryawan, Prof.Dr.Hermawandi,M.Hum dan Prof.Dr,res.soz.Nusyirwan Effendi, yang di moderatori oleh Dr. Aidinil Zetra, MA.

Dalam orasinya narasumber Putu Agung mengatakan kebudayaan yang bervariasi dan beragam di Indonesia  bisa menjadi perekat dalam berbangsa dan bernegara. Kebudayaan bisa menjadi wahana diplomasi dengan negara lainnya.

“Adanya Matra di Malaysia dan negara lainnya, yang memiliki perbedaan kebudayaan menyebabkan keterhubungan yang sangat luar biasa” kata Putu Agung. 

Acara ini juga diisi dengan penampilan Tari Persembahan dan Tari Piring khas Sumatera Barat, yang turut disaksikan seluruh tamu undangan, Dekan serta mahasiwa Universitas Andalas kemudian ditutup dengan pemberian cendra mata dari Unand kepada Ketua Matra.

Acara ini juga diisi dengan penampilan tari persembahan dan tari piring khas Sumatera barat, yang turut disaksikan seluruh tamu undangan, Dekan serta mahasiwa universitas andalas.(dik/Diskominfotik Sumbar)