470 Perempuan Berbaju Kuruang Basiba Parade Budaya Nusantara di Monas

470 Perempuan Berbaju Kuruang Basiba Parade Budaya Nusantara di Monas

Berita Utama Dedi Oscar Adams, M.I.Kom.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 21 Agustus 2022 20:48:16 WIB


Dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 Tahun, Bundo Kanduang DKI Jakarta dan sekitarnya mengadakan acara dengan tema Parade Budaya Nusantara Baju Kuruang Basiba Tahun 2022 di pelataran Monas, Minggu (21/8/2022).

Parade yang dimulai dari bundaran HI menuju Monas itu menampilkan 470 orang perempuan dewasa dari berbagai organisasi yang ada di Jabodetabek mengenakan busana khas Minangkabau, baju kuruang basiba.

Ketua BKOW Sumbar, Fitria Amalia Umar yang hadir sekaligus membuka parade, sangat mengapresiasi para Bundo Kanduang DKI Jakarta dan sekitarnya untuk melestarikan budaya Minangkabau, khususnya baju kuruang.

“Selamat atas terlaksananya acara ini. Bangga kita punya baju kuruang basiba. Mari kita lestarikan budaya dan adat kita. Dengan mengucapkan Bismillah. Acara Parade Busana Nusantara dan Baju Kuruang Basiba 2022 resmi dibuka,” kata Amalia.

Ketua Bundo Kanduang DKI Jakarta, Suherni Syam, SE mengatakan sudah kewajiban setiap warga DKI Jakarta tanggal 17 Agustus untuk berpartisipasi merayakan HUT Kemerdekaan RI.

“Kami dari Bundo Kanduang DKI Jakarta bekerjasama dengan beberapa organisasi kemasyarakatan di wilayah Jakarta menggelat kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan busana nusantara terutama busana adat Minangkabau,” ujar Suherni saat memberikan kata sambutannya. 

Turut hadir dalam parade, Kepala Kesbangpol DKI Jakarta Taufan Bakri, Sekretaris Kota Kota Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin dan Ketua Panitia parade, drg. Liza Festay.(Ef/Ria/Hn.Phb)

 

Dinas Kominfotik Sumbar