Para Raja Peserta FABN III Mulai Berdatangan, Ada yang Penasaran Dengan Rumah Gadang

Para Raja Peserta FABN III Mulai Berdatangan, Ada yang Penasaran Dengan Rumah Gadang

Berita Utama Havina Mirsya \'afra, S. Sos.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 04 September 2024 21:30:01 WIB


Para utusan kerajaan, lembaga adat, dan suku seluruh Nusantara yang tergabung dalam Masyarakat Adat Nusantara (Matra) serta perwakilan kerajaan dari mancanegara, peserta Festival Adat Budaya Nusantara (FABN) III di Sumatera Barat (Sumbar) mulai berdatangan di Bandara Internasional Minangkabau, Rabu (04/09/2024).

Berdasarkan keterangan Panitia FABN III Sumbar, sejak Selasa hingga Rabu terdapat sedikitnya sembilan penerbangan baik domestik maupun mancanegara yang membawa para peserta. Para peserta datang dari berbagai daerah di Indonesia seperti Bali dan Makassar hingga Malaysia, Brunei, dan Thailand.

Para peserta sangat antusias bisa hadir di Sumbar. Salah satu peserta FABN III asal Bali Putu Agung Anak Agung Suryawan yang merupakan keturunan raja di Bali. Ia menyatakan ketertarikannya untuk segera menikmati objek wisata yang ada di Padang. 

FABN III menjadi kesempatan bagi Putu Agung untuk dapat menikmati objek wisata yang ada di Kota Padang, salah satunya ingin melihat rumah gadang dan wisata museum.

“Kita lihat dari jadwalnya banyak sekali jadwal acara yang dikosongkan untuk kepentingan peserta untuk bisa melihat daya tarik wisata Padang dan sekitarnya. Saya sangat senang bisa mengunjungi, terutama ada informasi tentang museum yang disana ada informasi terkait dengan Raja Adityawarman ya,” jelas Putu Agung yang mengenakan pakaian adat khas Bali. 

Sebagai bagian dari Matra, Putu Agung menyatakan sudah mempersiapkan diri untuk hadir dan ingin berkontribusi dalam kegiatan FABN III ini. Ia pun berharap di kesempatan berikutnya dapat membawa rombongan kesenian untuk memperkenalkan seni khas dari Bali.

“Kebetulan kami dari Bali belum membawa rombongan kesenian karena keterbatasan dan kendala. Biasanya kami membawa rombongan kesenian dan membawakan Tari Pecut, tari khas kerajaan di Denpasar. Mungkin dalam acara-acara yang datang, semoga kami bisa membawa rombongan kesenian ini,” lanjut Putu Agung.

Sebelumnya, Wakil Gubernur (Wagub) Sumbar, Audy Joinaldy, berharap FABN III dapat mengulang kesuksesan penyelenggaraan FABN di Jawa Tengah dan Bali. Ia pun berharap penyelenggaraan FABN III di Padang dapat berjalan lancar dan sukses.

“Alhamdulillah, kita bersyukur Sumatera Barat khususnya Kota Padang, dapat menjadi tuan rumah FABN ke-3. Harapan kita acara ini bisa berlangsung meriah dan sukses,” ungkap Audy.

FABN III merupakan gelaran yang akan dihadiri oleh puluhan raja di Nusantara dan diselenggarakan di Kota Padang. Gelaran ini akan dimeriahkan oleh berbagai festival dan kegiatan yang telah dipersiapkan. Gelaran FABN III merupakan upaya untuk melestarikan adat dan budaya Nusantara di tengah akulturasi budaya yang terus terjadi.

Rangkaian acara FABN III diantaranya acara budaya dengan Himpunan Tjinta Teman, orasi dan diskusi kebudayaan bersama Fadli Zon dan Irman Gusman, serta jamuan makan bajamba oleh Walikota Padang.

Sementara itu, puncak acara FABN III akan digelar di Auditorium Istana Gubernuran. Dalam acara puncak ini juga akan dilaksanakan pelantikan pengurus Matra Provinsi Sumbar. (hm/Diskominfotik Sumbar)