Pelantikan Anggota DPRD Bukittinggi 2024-2029, Gubernur Pesan Jangan Sia-siakan Kepercayaan Masyarakat

Pelantikan Anggota DPRD Bukittinggi 2024-2029, Gubernur Pesan Jangan Sia-siakan Kepercayaan Masyarakat

Berita Utama Havina Mirsya \'afra, S. Sos.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 08 Agustus 2024 14:33:34 WIB


Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Hansastri mewakili Gubernur menghadiri dan menyampaikan selamat kepada 25 orang anggota DPRD Kota Bukittinggi terpilih masa jabatan 2024 - 2029 yang diambil sumpah/janji jabatannya, dalam rapat paripurna di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Kota Bukittinggi, Rabu (07/08/2024).

Dalam sambutannya Sekda Hansastri berpesan kepada anggota legislatif yang baru dilantik agar melaksanakan amanat yang telah dipercayakan masyarakat Kota Bukittinggi dengan sebaik-baiknya. 

Selain itu Sekda juga meminta untuk melanjutkan program-program pembangunan yang telah direncanakan sebelumnya, serta menciptakan inovasi-inovasi baru untuk mempercepat pembangunan di Kota Bukittinggi.

"Selamat atas telah dilantiknya anggota DPRD Kota Bukittinggi Masa Jabatan Tahun 2024–2029. Rakyat akan menagih janji-janji saudara, dan merekapun tentunya telah menitipkan nasibnya di pundak saudara semua. Pesan saya, jangan sia-siakan kepercayaan dan harapan mereka. Sekali lagi jangan sia-siakan kepercayaan dan harapan mereka," lanjut Sekda.

Pada momen penting tersebut, Sekda juga berpesan kepada wakil rakyat agar segera melakukan konsolidasi. Konsolidasi pasca pemilu sangat penting untuk memperkuat penyelenggaraan pemerintahan kedepan.

Konsolidasi menurut Hansastri sangat penting agar masyarakat tidak terkotak-kotak akibat pilihan politik. Kepentingan bersama jauh lebih penting dari kepentingan pribadi, kelompok ataupun golongan.

Kemudian, Sekda juga berpesan untuk menjalin komunikasi yang efektif dengan Pemerintah Daerah. 

"Komunikasi adalah kunci, dengan komunikasi yang baik segala persoalan bisa diatasi. Sudah banyak contoh yang terjadi di Pemerintahan Daerah bahwa perselisihan yang terjadi antara Pemerintah daerah dengan DPRD karena komunikasi yang tidak efektif," ungkap Sekda.

Terakhir, pesan bagi anggota DPRD yang baru pertama kali menjadi Anggota DPRD agar selalu mengembangkan kapasitas sebagai Anggota DPRD, dan jangan segan belajar kepada Anggota DPRD yang lebih senior. Terutama kapasitas dalam melaksanakan fungsi kedewanan dalam pembentukan peraturan daerah, penganggaran serta pengawasan.

"Untuk itu, apabila Saudara menemukan kendala dalam melaksanakan fungsi kedewanan tersebut Pemerintah Provinsi Sumatera Barat akan selalu terbuka dan bersedia untuk memberikan pembinaan lebih lanjut," pungkas Sekda.

Sebelumnya, Walikota Bukittinggi, Erman Safar juga sampaikan apresiasi yang sama. Kepada yang baru dilantik, Erman berpesan agar dapat menjalankan amanah dengan baik demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kota Bukittinggi.

"Kami mendoakan dalam menunaikan amanah ini untuk selalu berpihak pada kesejahteraan rakyat," kata Erman.

Ketua Sementara DPRD Kota Bukittinggi Syaiful Efendi, dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada seluruh warga Kota Bukittinggi yang telah berpartisipasi aktif pada pemilu 2024. Apresiasi juga disampaikan kepada KPU, Bawaslu, kepala daerah dan anggota DPRD periode sebelumnya.(doa/Diskominfotik Sumbar)