Kesehatan Gigi Pengaruhi Kesejahteraan Masyarakat

Berita Utama EKO KURNIAWAN, S.Kom(Diskominfo) 30 November 2018 10:41:49 WIB


Padang, InfoPublik - Wakil Gubernur Sumatera Barat Drs. H. Nasrul Abit membuka secara resmi Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Persatuan Ahli Beda Mulut & Maksilofasial Indonesia (PABMI) ke-4 di Hotel Grand Inna Padang, Jumat (23/11/2018).

Nasrul Abit yang hadir sebagai keynote speaker dalam acara ini mengapresiasi pertemuan tersebut sebagai penguatan dokter gigi dan mulut dalam keprofesionalannya.

"Forum PABMI merupakan mitra pemerintah yang merupakan bagian dari kewajiban pemerintah di sektor pelayanan kesehatan terhadap kesehatan gigi masyarakat," ujar Nasrul Abit.

Lebih lanjut ujar wagub mengatakan, dalam meningkatkan pelayanan kesehatan gigi masyarakat, dirinya berharap seluruh pemerintah daerah dapat menyediakan 15% dari dana APBD untuk membiayai sektor kesehatan.

"Kita sudah menyampaikan kepada gubernur, pelayanan kesehatan masyarakat tidak bisa terhenti, obat harus tersedia karena ini tanggung jawab pemerintah. Saat ini pelayanan tidak bisa dicukupkan pada dokter umum semata, pelayanan kesehatan gigi juga amat mempengaruhi kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

Ketua panitia acara, drg Harfindo Nismal Sp. BM dalam kesempatan tersebut menjelaskan, peserta yang hadir sebanyak 549 orang yang terdiri dari 305 ahli bedah mulut dan maksiofasial, 57 dokter umum, 85 residensi mulut.

"Saat ini dokter spesialis gigi masih sedikit sekali, hanya 4 orang di Sumbar. Tentunya hal ini perlu ditingkatkan dalam menghadapi kebutuhan dan tuntutan masyarakat yang semakin besar dimasa-masa mendatang," harapnya.