Sekda Hansastri Pimpin Upacara Peringatan Hari Koperasi ke-77 Tingkat Provinsi Sumbar

Sekda Hansastri Pimpin Upacara Peringatan Hari Koperasi ke-77 Tingkat Provinsi Sumbar

Berita Utama Dedi Oscar Adams, M.I.Kom.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 17 Juli 2024 12:14:47 WIB


Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Hansastri bertindak selaku Inspektur Upacara peringatan Hari Koperasi ke-77 tingkat Provinsi Sumbar, di Halaman Kantor Gubernur, Jl. Jend. Sudirman, Kota Padang, Selasa (16/7/2024).

Dalam amanatnya, Hansastri yang membacakan pidato dari Menteri Koperasi dan UKM RI, menyoroti peran vital koperasi dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045. Tema peringatan tahun ini, "Koperasi Sebagai Ekosistem untuk Konsolidasi, Akselerasi, dan Eskalasi Ekonomi Mikro dan Kecil," dipilih untuk menggarisbawahi pentingnya koperasi dalam menghadapi tantangan global saat ini.

Menurut Hansastri, koperasi memiliki peran strategis dalam menghadapi krisis ekonomi, pangan, energi, iklim, dan geopolitik yang mempengaruhi Indonesia. Lebih dari 99 persen pelaku usaha di Indonesia berasal dari sektor Usaha Mikro, yang sering kali menghadapi kendala akses pembiayaan dan teknologi. Untuk itu, koperasi diharapkan dapat memainkan peran penting dalam mengonsolidasikan dan mempercepat pertumbuhan sektor ini.

"Oleh sebab itu, upaya untuk memperkuat koperasi termasuk pembiayaan yang diarahkan melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir serta pengembangan model korporatisasi diharapkan dapat meningkatkan skala ekonomi dan daya saing Usaha Mikro dan Kecil,"ujar Hansastri.

Selain itu, Hansastri juga menyinggung pentingnya Rumah Produksi Bersama (RPB) yang dikelola oleh koperasi untuk meningkatkan produksi dan nilai ekonomi hasil produk. Dia menekankan perlunya koperasi untuk terus beradaptasi, berinovasi, dan meningkatkan akuntabilitas untuk menjaga kepercayaan masyarakat.

"Rancangan undang-undang Koperasi yang sedang disusun diharapkan dapat memperkuat ekosistem kelembagaan koperasi secara menyeluruh,"lanjut Sekda.

Hansastri juga mengucapkan apresiasi kepada pengurus dan anggota koperasi atas dedikasi mereka, sambil mendorong lebih banyak orang untuk terlibat dalam koperasi guna mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan bagi Indonesia.

Usai upacara, Sekda Hansastri menyerahkan penghargaan sebagai apresiasi atas fasilitasi akses permodalan untuk UMKM yang diberikan kepada Walikota Padang, Walikota Bukittinggi, Walikota Solok, Walikota Padang Panjang dan Bupati Tanah Datar.

Selain itu, pada kesempatan yang sama, Sekda juga menyerahkan secara simbolis kepada penerima program subsidi bunga/margin bagi pelaku usaha kecil, serta penyerahan secara simbolis hibah bagi koperasi.

Turut hadir dalam upacara peringatan tersebut unsur Forkopimda, unsur Perbankan dan Keuangan, para kepala perangkat daerah dan instansi vertikal, serta para pembina dan penggerak koperasi di Sumatera Barat.(doa/Diskominfotik Sumbar)