Rombongan Cucu Cicit Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi Sambangi Rumah Kelahiran di Balai Gurah

Rombongan Cucu Cicit Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi Sambangi Rumah Kelahiran di Balai Gurah

Berita Utama Havina Mirsya \'afra, S. Sos.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 10 Juli 2024 18:18:42 WIB


Rombongan cucu cicit Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi melanjutkan kunjungannya di Sumatera Barat (Sumbar) ke kampung halamannya di nagari Balai Gurah, Kabupaten Agam, Senin (08/07/2024) siang.

Rombongan disambut meriah di Masjid Darussalam, Jorong Koto Tuo, nagari Balai Gurah dan kemudian bersama-sama dengan iringan tansa berjalan ke rumah kelahiran Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi. Sesampainya di rumah kelahiran, rombongan disambut oleh keturunan Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi yang ada di Indonesia.

“Selamat datang di kampung ini, di tempat kelahiran Syekh. Syekh Ahmad Khatib lahir lebih kurang dua abad yang lalu, di kampung ini, sebelum beliau berangkat ke Makkah,” sambut Muhammad David Syaib, salah satu kerabat Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi di Indonesia.

David melanjutkan, karib kerabat keluarga Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi yang ada di Indonesia sudah bersiap dari jauh hari untuk menyambut rombongan cucu cicit tersebut. Rumah kelahiran ini sudah tidak ditempati lagi karena banyak anggota keluarga nya yang merantau.

Rombongan cucu cicit Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi juga memberikan sambutan singkat pada pertemuan tersebut. Beliau menyatakan keinginan keluarga yang sudah lama ingin bertemu kerabat Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi di kampung halaman. Selain itu, juga diceritakan semangat Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi semasa hidupnya dalam menuntut ilmu.

“Syekh Ahmad Khatib umurnya tidak lebih dari 56 tahun yang mana itu adalah umur yang singkat. Namun, dengan umur yang singkat itu beliau belajar dan berdakwah. Mudah-mudahan apa yang beliau lakukan sampai ke generasi-generasi selanjutnya setelah beliau,” ungkap perwakilan rombongan cucu cicit Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi melalui penerjemah.

Rumah kelahiran Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi kini dalam keadaan kosong. Sebab, kerabat dari Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi merantau ke luar Sumbar seperti hal nya tradisi turun temurun masyarakat Minangkabau.

Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi lahir di nagari Balai Gurah pada tahun 1860. Menginjak umur 11 tahun, beliau merantau ke Makkah untuk mendalami ilmu agama. Berkat kecerdasannya, beliau berhasil mencapai kedudukan tertinggi sebagai Imam Besar Masjidil Haram dalam Mazhab Syafi’i. Beliau juga berhak memakai gelar syaikh (syekh) di depan namanya dan menjadi orang Indonesia pertama yang mencapai kedudukan tersebut. (hm/Diskominfotik Sumbar)