Diskominfotik Sumbar Tekankan Pentingnya Siaran Sehat dan Menarik

Diskominfotik Sumbar Tekankan Pentingnya Siaran Sehat dan Menarik

Berita Utama Ibnu Sectio Caisaria, S.IP, M.I.Kom.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 05 Juli 2024 10:30:03 WIB


Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Sumatera Barat, Siti Aisyah meminta lembaga penyiaran agar menyikapi perkembangan arus informasi dewasa ini, dengan menghadirkan Siaran yang Sehat dan Menarik.

Hal ini disampaikan dalam paparannya selaku narasumber pada Sekolah Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) yang digelar Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumbar di Aula Bappeda Litbang Kab. Tanah Datar, Kamis (04/07/2024).

“Hari ini Informasi benar seakan harus bersaing dengan informasi hoaks atau berita bohong. Hal ini menjadi fenomena sekaligus tantangan tersendiri bagi lembaga penyiaran,” jelas Siti Aisyah pada Sekolah P3SPS yang mengusung tema
Wujudkan Siaran Sehat dan Bermartabat di Sumatera Barat.

Dia mengatakan, peredaran hoaks menjadi tidak terkendali melalui perantaraan berbagai platform media sosial.

“Media sosial menjadi pesaing sumber informasi resmi, seperti televisi dan radio, ini tantangan bagi kita semua,” ujarnya.

Untuk itu ia berharap agar lembaga penyiaran mampu menyiasati fenomena ini, salah satunya melalui penyajian konten penyiaran yang menarik dan penuh kreativitas.

“Jangan sampai kalah dengan content creator, mereka mampu menyajikan berbagai variasi konten dengan kreatif dan unik sehingga menarik perhatian masyarakat, lembaga penyiaran juga harus begitu. Dikemas dengan baik, ditampilkan dengan kreatif serta manfaatkan teknologi yang berkembang saat ini,” ungkap Siti Aisyah.

Terakhir Siti Aisyah juga menyinggung perihal penyelenggaraan urusan bidang komunikasi dan informatika yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, dimana Diskominfotik bersinggungan erat dengan dunia penyiaran.

Kegiatan bimtek P3SPS kali ini diikuti oleh lembaga penyiaran beberapa daerah di Sumbar, diantaranya dari Kabupaten Tanah Datar, Kab. Sijunjung, Kota Padang Panjang dan lainnya. (HM/DiskominfotikSB)