40 PENGURUS OSIS SLTA IKUTI KEGIATAN BELA NEGARA ANGKATAN II

Berita Utama () 25 April 2014 01:11:34 WIB


  PADANG,…Kadispora sumatera Barat diwakili Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda, Edwarsyah Ramli, S, Sos didampingi panitia pelaksana Kepala Seksi Peningkatan Wawasan dan Kreatifitas Pemuda Gusty Anola, SH, secara resmi buka kegiatan pendidikan Bela Negara angkatan II selasa 22/ 4 di aula Sosnakertrans Lubuk Selasih Kabupaten Solok.

Kegiatan yang mengangkat tema “ Dengan Pendidikan Bela Negara Kita Bangun Karakter Anak Bangsa, Agar Tumbuh Semangat Persatuan dan Kesatuan Untuk Menjaga Keutuhan NKRI ” serta moto “ Hari ini Berprestasi Hari Esok Jadi Pemimpin ” ini turut dihadiri wakil Korem 032 Wirabraja Sumbar dan wakil Dinas Sosnakertran Kabupaten Solok.

Dalam sambutannya Edwarsyah Ramli menyatakan, Kegiatan ini merupakan sebuah pelatihan dasar bagi siswa SLTA menjadi pemuda berkualitas dan bermutu untuk melangkah kemasa yang akan datang, selain itu kegiatan ini juga untuk memantapkan pemuda untuk meningkatkan wawasan kedaerahan, Nasional dan Internasional. Siswa yang terpilih  mengikuti kegiatan ini merupakan wakil- wakil terbaik dari sekolahnya, oleh karena itu agar menjalani kegiatan ini semaksimal mungkin dari awal sampai akhir .

Edwarsyah Ramli  menambahkan kegiatan ini juga sebagai jenjang untuk meningkatkan pengetahuan siswa untuk mejalani kehidupan, supaya dalam menjalaninya nanti tidak mudah tersingkir dari persaingan dengan pemuda- pemuda lainnya. Harus diakui  tantangan hidup dari masa kemasa semakin ketat dan berat hanya mereka- mereka yang memiliki pengetahuan serta pengalaman yang dapat menjadi pemenang, dan kegiatan bela Negara ini merupakan salah satu media untuk menggodok siswa ( pemuda ) memiliki pengetahuan yang komplek

 ‘’ Kita berharap para siswa yang beruntung mengikuti kegiatan ini agar memanfaatkan kegiatan ini sebaik- baiknya, agar keluar dari pelatihan ini dapat menjadi pemuda tangguh, pemuda yang memilik pengetahuan komplek,’’ urai Edwarsyah Ramli.

Panitia Pelaksana Gusti Anola menerangkan, tujuan kegiatan Bela Negara ini, agar pemuda dapat memahami aspek kewilayahan, mengembangkan peran serta pemuda dalam siskanta sebagai warga Negara yang baik serta terciptanya kesadaran pemuda terhadap Bela Negara, sedangkan pelaksanaan kegiatan dilakukan dalam dua angkatan dengan jumlah peserta 80 orang, 40 orang masing- masing angkatan dari perwakilan pengurus Osis SLTA Kabupaten/ Kota se- Sumatera Barat.

Lebih lanjut Gusti Anola menambahkan, Untuk angkatan kedua ini dilaksanakan 21 sampai 25 April dengan menghadirkan nara sumber berasal dari Korem 032/ Wirabraja Sumatera Barat, Dispora sumatera Barat, tokoh agama dan tokoh pemuda .

“ Untuk metode Kegiatan pendidikan Bela Negara bagi pengurus Osis SLTA ini dilaksanakan melalui pendekatan dengan ceramah, Tanya jawab, diskusi dan penugasan, ’’ terang Gusti Anola. ( M )