Hadiri Opening Ceremony Inacraft 2023, Ibu Wagub Apresiasi Semangat dan Potensi UMKM Sumbar

Hadiri Opening Ceremony Inacraft 2023, Ibu Wagub Apresiasi Semangat dan Potensi UMKM Sumbar

Berita Utama Dedi Oscar Adams, M.I.Kom.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 03 Maret 2023 14:17:27 WIB


Salah satu pameran Produk Kerajinan terbesar se-asia tenggara yaitu Inacraft, telah resmi dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno pada tanggal 1 Maret 2023 di Assembly Hall Jakarta Convention Center.

Acara yang bertajuk The Authentic South Sulawesi ini, dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo yang diwakili oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman beserta Istri Naoemi Octarina, Ketua DPRD Sulawesi Selatan Andi Ina Kartika, Ketua Umum Asephi Muchsin Ridjan beserta Para Jajaran, Bupati/Walikota dari Provinsi Sulsel atau yang mewakili, Direktur PT. Mediatama Binakreasi Umi Noor Wijiati, Duta Besar dari Berbagai Negara atau yang mewakili, Para Istri Menteri atau yang mewakili, Ketua Dekranasda Provinsi dan Kabupaten/Kota dari seluruh Indonesia atau yang mewakili, dan Kepala OPD dari seluruh Indonesia atau yang mewakili.
 
Membacakan sambutan Presiden, sandiaga uno menyampaikan "INACRAFT bisa menjadi ajang interaksi dan pertukaran informasi bagi masyarakat. Capaian transaksi INACRAFT pada 2019 sebesar Rp140 miliar dan pasca pandemi sebanyak Rp57 miliar. Semoga, capaian tersebut bisa kembali ke sebelum pandemi" beliau berharap Produk para pelaku UMKM di Indonesia bisa berkembang dan dikenal masyarakat Dunia.
 
Sebanyak 1.222 stan turut berpartisipasi pada Pameran Inacraft 2023, 19 diantaranya diisi oleh Stan Sumatera Barat yang terdiri dari 1 Stan Disperindag Provinsi Sumbar, 1 Stan Dekranasda Provinsi Sumbar, 1 Stan Dinas Koperasi Provinsi Sumbar, dan 16 Stan Kabupaten/Kota.  

Pada kunjungan yang dilaksanakan oleh Wakil Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Barat, seusai menghadiri Acara Opening Ceremony di Assembly Hall JCC. Beliau menyampaikan Kebanggaan dan Apresiasi yang sebesar-besarnya kepada para pelaku UMKM yang turut berpartisipasi pada acara tersebut. Beliau menyampaikan "UMKM Sumatera Barat memiliki Potensi yang sangat besar untuk bersaing di kancah Nasional maupun Internasional".